Media sosial : Keuntungan dan Kerugian
Cari Berita

Advertisement

Media sosial : Keuntungan dan Kerugian

Sabtu, 24 November 2018


Media sosial adalah media daring yang saat ini sedang marak digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Media sosial memiliki berbagai jenis sesuai dengan kegunaannya seperti blog, wiki, jejaring social dan lain-lain. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah jejaring sosial facebook (Wikipedia.org/wiki/media_sosial). Media sosial banyak sekali memberikan manfaat bagi penggunanya. Selain mudah, menyampaikan informasi dengan biaya yang jauh lebih murah adalah salah satu manfaatnya. Namun tidak semua pengguna bisa memanfaatkan media social dengan baik. ada juga pihak-pihak tertentu yang hanya ingin mengambil keuntungan pribadi ataupun golongan dengan cara yang merugikan orang lain.
Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari social media.
Keuntungan
Mudah dan Murah
Dulu, sebelum media social berkembang di masyarakat, orang-orang berkomunikasi dengan menggunakan surat yang dikirim lewat pos. Mengirim surat lewat pos ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu ada juga yang menggunakan telepon, penggunaan telepon membutukan banyak biaya.
Sejak adanya jejaring sosial yang bisa dengan mudah menghubungkan orang-orang, komunikasi jadi semakin lancar dan cepat. Tanpa perlu banyak biaya kita bisa mengirim surat melalui email dan akan sampai pada saat itu juga. Sangat membantu kan…
Berita cepat menyebar
Berita artis, politik, kriminal biasanya akan langsung muncul di media sosial terutama jejaring sosial dibandingkan dengan di televisi. Apalagi saat ini hampir tidak ada orang yang tidak memiliki smartphone. Pemilik Smartphone dapat dengan segera menganbil foto atau video kejadian-keajidian yang dilihatnya, kemudian mengunggahnya di situs jejaring sosial.
Menambah pertemanan
Media sosial sangat bermanfaat dalam hubungan pertemanan. Teman sekolah, teman kuliah, teman kerja, teman masa kecil dapat terus menjalin hubungan melalui jejaring sosial. Selain itu kita juga dapat menambah teman baru dari mana saja.
Kerugian
Rentan terjadi Penipuan
Tidak dapat dipungkiri, penipuan di jejaring sosial sangat rentan terjadi. Contohnya foto wajah menggunakan wajah orang lain atau wajah palsu, toko online yang menjual barang tidak sesuai dengan yang aslinya, hingga berita palsu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.
Kriminalitas
Pelaku kriminal di media sosial akan memalsukan identitas dan menjalin pertemanan dengan target kemudian pelaku akan mengajak bertemu di suatu tempat sehingga pelaku dapat dengan mudah melakukan kejahatan.
Selain itu, Tentu masih banyak keuntungan dan kerugian dari media sosial. Semoga para pengguna dapat memanfaatkan sebaik-baiknya dan selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial.