Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan
Cari Berita

Advertisement

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Sabtu, 01 Desember 2018


Saat ini kita tahu cuaca sangat tak menentu dan bisa berubah kapan saja. Memasuki bulan desember ini artinya hujan mulai semakin sering menerobos debu debu jalanan. Hujan adalah rezeki dan rahmat yang luar biasa dari Allah Swt. Karena air adalah sumber kehidupan makhluk di bumi. Namun hujan bisa saja membuat kesehatan memburuk saat manusia lengah menjaga daya tahan tubuhnya. Karena itu menjaga kesehatan saat musim hujan sangatlah penting.

Makan bergizi
Setiap orang pasti tahu jika makanan bergizi adalah kebutuhan utama bagi tubuh. Namun tidak semua orang sadar dan peduli dengan hal itu. Makan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin adalah hal yang wajib dilakukan.

Setelah kehujanan segera mandi air hangat
Meskipun kita sudah mempersiapkan perlindungan dari hujan seperti payung dan mantel, tetap saja kemungkinan lupa dan sewaktu-waktu akan kehujanan saat di jalan terlebih pengendara roda dua ataupun pejalan kaki. Bahkan dengan payung dan mantelpun, kita tetap akan kebasahan dan kedinginan jika hujan sangat lebat ditambah angin yang kencang. Nah, jika hal ini terjadi maka sebaiknya mandi segera setelah kehujanan. Hal ini dapat menghindari masuk angin. Meskipun sering kali dianggap mitos namun hal ini juga sudah diteliti oleh pakar bahwa mandi setelah hujan dapat membersihkan kotoran dan zat asam yang mengenai kepala dan tubuh yang dapat menyebabkan penyakit flu dan sakit kepala.


Tidur Cukup
Tidur atau istirahat yang cukup adalah hal yang umum untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan, tidak hanya dimusim penghujan, tapi setiap hari setidaknya harus tidur selama delapan jam. Tidur juga membantu menguatkan daya tahan tubuh dan menjaga pikiran agak tidak stress. Saat tidur tubuh berproses untuk meregenerasi sel-sel yang rusak atau mati sehingga dapat meningkatkan system imun, kemampuan otak dan membuat tubuh kembali segar untuk beraktivitas keesokan harinya.

Jaga kebersihan
Menjaga kebersihan sangat penting baik itu kebersihan diri sendiri maupun lingkungan. Karena dapat menjaga diri tetap sehat dan mengurangi risiko terserang penyakit. Tubuh atau lingkungan yang kotor akan menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Konsumsi cairan
Selain makanan, cairan juga sangat penting bagi tubuh manusia. Mengonsumsi cairan terutama air putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Saat hujan kita seringkali mengabaikan minum air putih karena tidak merasa haus, namun sebenarnya baik musim kemarau maupun musim hujan manusia butuh banyak cairan tubuh.