Penting, 5 Tips Mengelola Keuangan Cara Islami Agar Tidak Mubazir
Cari Berita

Advertisement

Penting, 5 Tips Mengelola Keuangan Cara Islami Agar Tidak Mubazir

Minggu, 25 Agustus 2019


Rencanakan Kebutuhan

Merencanakan kebutuhan adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum mengelola keuangan.

Karena dengan merencanakan kita akan menstabilkan pengeluaran agar tidak boros dan membeli hal hal yang tidak perlu atau mubazir.

Pisahkan Uang

Memisahkan atau mengklasifikasikan uang untuk berbagai kebutuhan sangat penting agar bisa tepat dalan penggunaan.

Memisahkan uang juga berguna untuk mengetahui jika ada kelebihan uang yang dapat digunakan untuk menabung, berlibur atau kebutuhan sekunder lainnya.

Tunda Keinginan

Pernahkah kamu menyesal setelah membeli sesuatu?

Seorang psikolog pernah mengatakan bahwa jika kita memiliki keinginan untuk membeli sesuatu maka tundalah setidaknya 5 hingga 7 hari.

Setelah itu kita akan tahu jika barang itu benar-benar harus kita beli atau tidak. Makanya terkadang kita menyesal setelah membeli sesuatu jika dilakukan dengan terburu-buru.

Ingatlah, Banyak atau Sedikit Harta adalah Ujian

Ada kalanya kita mengalami kesempitan dalam hal keuangan, entah itu adanya kebutuhan mendesak seperti kendaraan rusak, keluarga sakit atau adanya musibah.

Bila itu terjadi jangan terlalu menjadikannya masalah yang berat meskipun tetap saja memang terasa berat. Bertawakkal kepada yang Maha Kuasa bisa menjadi solusi terbaik dalam menghadapi permasalahan keuangan seperti ini.


Allah swt menurunkan segala sesuatu di bumi merupakan ujian. Ia memberikan manusia kesenangan agar bisa menggunakannya dalam kebaikan dan ia juga menurunkan musibah agar manusia lebih bersabar dan bertakwa kepadanya.


Sedekah atau Berbagi

Sedekah atau berbagi selain mendapat pahala juga dapat melapangkan dan melipatgandakan rezeki.

Sebagaimana Firman Allah dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Selain itu banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari bersedekah. Seperti mempererat silaturrahmi, menjauhkan musibah dan penyakit, serta sebagai naungan dihari kiamat.

Sekian, semoga bermanfaat ya,, Kritik dan saran diterima...

Post your comment please...!!!