Anak Ketergantungan Gadget, Yuk Batasi Dengan Cara Ini!
Cari Berita

Advertisement

Anak Ketergantungan Gadget, Yuk Batasi Dengan Cara Ini!

Senin, 30 September 2019


Generasi millenial hingga generasi alpha pasti tak bisa terlepas dari smartphone. Mulai dari orang tua, dewasa, remaja, anak-anak bahkan balita bisa menggunakan smartphone. Segala yang dibutuhkan ada dalam satu aplikasi sehingga sangat memudahkan bagi penggunanya. Selain memiliki banyak keuntungan dan kemudahan, smartphone juga memiliki dampak negatif misalnya menyebabkan kecanduan, mengganggu hubungan sosial di dunia nyata, bahkan bisa merusak penglihatan jika berlebihan menggunakan smartphone.
Jika hal ini sampai berdampak pada anak-anak tentunya akan sangat merugikan bagi mereka yang masih sangat muda. Namun masih banyak juga orang tua yang mengizinkan anak-anak mereka menggunakan smartphone.

Sebagai orang tua sebaiknya lebih memperhatikan hal-hal tertentu dalam memberikan smartphone kepada anak-anak. Karena akan sangat rugi jika masa kecil hanya dihabiskan dengan gadget. Mungkin tak ada yang bisa dikenang saat mereka dewasa kelak.
Berikut upaya yang bisa dilakukan sebagai orang tua untuk mengurangi penggunaan ponsel pintar bagi anak-anak yang sudah terlanjur mengenal dan menggunakan ponsel pintar di kesehariannya.

Batasi Waktu
Jika smartphone digunakan anak-anak hanya untuk menonton atau bermain game, sebaiknya batasi waktu menggunakan ponsel pintar hanya sekitar 30-40 menit. Beri pengertian bahwa berlama-lama di depan layar ponsel dapat berpengaruh buruk pada mata. Sehingga anak akan mengerti akibat buruk yang dapat timbul dari terlalu lama menatap layar ponsel. Tindakan ini juga dapat melatih sikap disiplin terhadap anak. 

Pilih Tontonan Mendidik
Penting bagi orang tua untuk selalu mengawasi anak-anaknya dalam kegiatan apapun apalagi menonton. Orang tua harus cermat dalam memberikan tontonan yang bermanfaat bagi anak. jangan sampai tontonan anak menjadi pengaruh buruk baginya di kemudian hari. Jika anak lebih suka bermain game, unduhlah game yang bersifat mendidik. Selain mengasah otak, game pendidikan juga dapat membantu menstimulasi kecerdasan anak. 

Matikan WIFI / Data Selular
Jangan biarkan anak bebas berselancar dengan internet jika tanpa pengawasan orang tua. Karena di internet semua hal bisa diakses dan dikunjungi. Bisa saja mereka melihat konten dewasa ataupun konten anak-anak namun mengandung adegan kekerasan atau kata-kata yang kasar. Hal itu dapat berpengaruh bagi kehidupan anak di dunia nyata.