Gimana Caranya Supaya Nonton Drama Korea Tanpa Jadi Kafir? Ini Jawabannya!
Cari Berita

Advertisement

Gimana Caranya Supaya Nonton Drama Korea Tanpa Jadi Kafir? Ini Jawabannya!

Senin, 09 September 2019


Baru-baru ini video ceramah UAS (Ustadz Abdul Somad) terviralkan tentang menonton drama korea sama dengan kafir. Pastinya bagi penyuka drama korea yang muslim terpelongo mendengarnya. Termasuk saya!

Tapi banyak juga netizen yang bilang kalau judul artikelnya saja yang provokatif, padahal bukan seperti itu maksud ceramah yang sebenarnya. Saya juga belum nonton videonya sih jadi nggak komen.
Memang sih, sebelumnya banyak juga ulama-ulama yang mengklaim nonton drama korea itu terlarang. Tapi baru kali ini saya mendengar ada yang seekstrim ini.
Bagi penggemar drakor pasti bertanya-tanya, Bener gak nih ya? Lanjut nonton nggak ya?

Kalo saya jawabannya ya tetap nonton. Meskipun kafir? Nggak lah.
Saya nggak mau kafir, tapi nggak munafik juga, saya manusia yang mudah berbuat dosa.

Bukannya menentang ceramahnya UAS, atau ustadz lainnya, tapi saya punya alasan sendiri. (alesaaan aja..!! 😅)

Bagi saya nonton drakor belum tentu kafir, sebab: Pertama, saya tidak sama dengan mereka. Kalau kita berteman dengan non muslim boleh nggak? Boleh kan! Selama kita nggak mengikuti agama mereka, budaya mereka, kebiasaan mereka. Sama juga dengan nonton drama korea. Saya nggak ngikutin kebiasaan mereka yang suka minum-minuman keras, oplas, bunuh diri, dll. Kedua, saya bukan penggemar fanatik. Dulu sih iya, jaman masih gadis suka ngefans sama oppa-oppa tamvan tapi sekarang biasa aja. Nonton, ya nonton aja sebagai hiburan di kala butuh hiburan. Paling seminggu sekali atau dua kali.
Jadi ya, nonton drakor jangan dijadikan kewajiban. Tetep kewajiban kita sebagai umat muslim terus dijalankan terutama shalat. Jangan sampai kewajiban pekerjaan, domestik, dan kehidupan sosial terabaikan.
Sekian dari saya,, happy reading!