Hamil Muda, Atasi Morning sickness dengan cara ini
Cari Berita

Advertisement

Hamil Muda, Atasi Morning sickness dengan cara ini

Sabtu, 12 Oktober 2019

Photo by Juan Encalada on Unsplash
Banyak hal yang bisa dialami wanita saat hamil, salah satunya pusing, mual, atau muntah di pagi hari atau dikenal dengan istilah morning sickness. Morning sickness biasa terjadi diusia kehamilan trisemester pertama dan kedua. Gejala yang paling parah adalah tubuh lemas hingga harus menggunakan infus. Untuk gejala morning sickness yang masih ringan seperti pusing dan mual dapat diatasi dengan beberapa cara berikut ini.

Makan Porsi Kecil
Saat hamil, perut cenderung terasa penuh sebab organ-organ yang terdapat di sekitar perut mempersiapkan pembesaran rahim. Dengan mengurangi porsi makan -namun lebih sering dan di tambah camilan yang sehat tentunya- maka akan mengurangi rasa begah dan mual sehingga dapat membantu mengatasi morning sickness

Mengonsumsi Jahe
Jahe sangat dibutuhkan saat hamil mulai dari trisemester pertama hingga detik-detik akan melahirkan. Selain untuk meredakan mual, mengkonsumsi jahe saat hamil juga banyak manfaat terutama dapat mengurangi nyeri saat hamil hingga saat akan melahirkan. Caranya bisa dengan direbus lalu diminum airnya, dibuat jus atau dicampur dengan makanan yang disukai. 


Cemilan Buah (Lemon Dan Semangka)
Makan buah semangka saat hamil dapat mengurangi gejala morning sickness, selain itu juga dapat mengatasi dehidrasi. kandungan gizi dalam buah semangka sangat baik untuk membantu perkembangan janin. Karena itu ibu hamil dianjurkan rutin mengonsumsi buah-buahan seperti semangka. Lemon memiliki aroma yang menenangkan sehingga bermanfaat untuk mengatasi gejala morning sickness yang dialami ibu hamil.

Beraktifitas
Jangan biarkan pagi hari berlalu tanpa beraktifitas dan berdiam diri di tempat tidur terlebih saat masa-masa trisemester pertama. Minimal berjalan kaki 15 hingga 30 menit setiap pagi. Melakukan aktifitas diharapkan dapat mengurangi pikiran yang negatif.

Istirahat Yang Cukup
Setelah merasa cukup beraktifitas, istirahat juga menjadi kewajiban saat hamil. Bila perlu tidur siang selama satu jam akan sangat membantu mengurangi morning sickness dan mengembalikan energi untuk kembali beraktifitas ringan.

Aroma Relaksasi
Ibu hamil sangat sensitif pada aroma. Beberapa jenis aroma tertentu dapat memicu mual bahkan muntah. Karena itu, sebaiknya sediakan benda atau produk dengan aroma yang tidak menyengat dan merelaksasi. Bisa dari buah-buahan, coklat, aroma wood, dan peppermint.

Olahraga Hamil
Para pakar mengungkapkan olahraga ringan setiap pagi saat hamil juga sangat membantu mengurangi gejala morning sickness. Jenis olahraga yang dapat dilakukan saat hamil seperti yoga, senam hamil, atau renang. Namun jika berolahraga membuat gejala mual dan muntah semakin parah segeralah hentikan, karena kapasitas energi setiap orang berbeda-beda. Selain itu hindari berolahraga di cuaca yang terlalu panas atau di siang hari karena bisa jadi energi malah terkuras habis dan berakibat kelelahan. 

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan oleh ibu hamil untuk mengurangi morning sickness yang biasa dialami terutama di trisemester pertama. Penting untuk diingat, meskipun cara-cara tersebut telah teruji oleh pakar dan orang yang berpengalaman namun tetap sesuaikan dengan keadaan masing-masing. Selain cara-cara di atas ibu hamil juga harus menjaga asupan makanan yang bergizi dan porsi seimbang.