Hal Penting Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membangun Blog Berkualitas
Cari Berita

Advertisement

Hal Penting Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membangun Blog Berkualitas

Selasa, 15 Oktober 2019

Photo by Austin Distel on Unsplash
Kegiatan blogging sudah menjadi kegiatan daring yang cukup digemari oleh berbagai kalangan. Semakin banyak yang melakukan blogging, semakin berat pula tingkat persaingannya. Saat ini sudah banyak blogger yang sukses dan menghasilkan uang dari blog. Namun kesuksesan para blogger tersebut tentunya membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah.

Meski begitu tak menyurutkan semangat para penganut dunia kepenulisan yang berkecimpung di kegiatan blogging. siapapun bisa menjadi blogger, mulai dari remaja, ibu rumah tangga, guru, dokter, dan pengusaha. Selain itu jenis blog juga banyak, seperti blog perusahaan, blog online shop, blog berita dan blog pribadi. 

Meskipun menulis blog bisa di lakukan siapa saja dan dengan tema apapun namun tidak ada salahnya untuk menjadikan blog sebuah media yang memberikan keuntungan. Nah, sebelum memulai sebuah blog yang berkualitas sehingga menghasilkan keuntungan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun blog agar berkualitas seperti berikut.

Membangun blog yang sukses membutuhkan dedikasi dan kerja keras
Blogger yang sukses adalah blogger yang memiliki dedikasi artinya membangun blog bukan hanya untuk keuntungan pribadi semata, tapi juga untuk memotivasi, mengajak dan memberikan pengaruh terhadap pembaca melalui pengalaman, riset dan pengetahuan. Membangun blog sangat membutuhkan kerja keras dari berbagai sisi. sebuah blog bisa berkembang jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan itu memerlukan pengerjaan yang maksimal.


Algoritma google kian mengalami perubahan, sebagai blogger harus siap belajar dan mampu mencari cara untuk mengembangkan blog.
akhir-akhir ini google semakin mengembangkan sistem algoritmanya. banyak hal yang menjadi pertimbangan google untuk mengindeks sebuah konten blog diantaranya konten harus lolos copyscape dan tidak mengandung sara. untuk itu blogger harus selalu update perkembangan melalui komunitas atau media sosial untuk menjaga kestabilan pengunjung blog dan perkembangannya,


Kegiatan blogging tidak murah. bahkan jika memakai platform gratis
Benar sekali, kegiatan menulis blog tidak jauh berbeda dengan membuat sebuah konten vlog (video blog). Jika membuat konten vlog harus mempunyai kamera, lighting, editor, komputer dan kreator maka sama halnya dengan blog. sebuah tulisan blog yang berkualitas membutuhkan kualitas gambar yang bagus, tata tulis yang benar, dan tentunya menulis blog juga harus melalui riset dan pengalaman. 


Menghasilkan uang dari blog bukan hal yang instan
Banyak orang mengira menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog amat mudah. Memang terdengar mudah, cukup menulis saja dari pengalaman, atau mereview produk yang sedang hype. Ternyata membangun blog dari awal hingga sukses menjadi blog yang sukses butuh proses yang lama dan panjang. 


Mengetahui kunci-kunci sukses blogging
Blogger pemula harus mengetahui bagaimana agar menarik pengunjung untuk membaca tulisan di blognya. agar blog dapat dibaca orang lain banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari tekniknya seperti teknik SEO (Search Engine Optimation), konten original, dan cara menarik pengunjung melalui media sosial.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membangun sebuah blog yang berkualitas. Meskipun kamu belum menjalankan semua hal di atas, bukan berarti tidak boleh membangun sebuah blog. mengembangkan blog adalah tentang sebuah proses, di mana kita akan belajar melalui proses dan selalu belajar bagaimana caranya agar tulisan disukai dan bermanfaat bagi pembaca.