Mudah, Inilah MP-ASI Home Made Yang Disarankan WHO
Cari Berita

Advertisement

Mudah, Inilah MP-ASI Home Made Yang Disarankan WHO

Kamis, 17 Oktober 2019

"Nggak terasa ya, udah enam bulan aja. Rasanya baru aja kemarin lahirannya" Mommies pasti sering kan dengar ucapan seperti ini? Kalau ada yang bilang seperti ini mau jawab apa ya? Pasti jawabnya ya iyain aja. Tapi mungkin dalam hati mommies beda jawabannya, ya kan? Jujur aja deh!

Kalau saya sih jawabannya gini, "Nggak kerasa apanya, enam bulan itu lamaaaa banget loh. Apalagi mengalami berbagai hal super pasca melahirkan." Tapi dalam hati aja deh, nggak usah diungkapkan entar malah jadi curhat.

Dari pada curhat berkepanjangan, mending nyiapin MP-ASInya si baby ya kan?

Photo by life is fantastic on Unsplash
Yap, kan udah enam bulan, waktunya si baby menyantap makanan pertamanya sebab bayi butuh asupan nutrisi lebih dari yang ada di ASI.

Sejak lahir bayi terbiasa dengan ASI atau sufor. Untuk mengenalkan rasa makanan pada bayi, berikan makanan yang bertekstur lembut dan cukup satu jenis. Jangan dulu memberikan makanan yang lebih dari dua kombinasi. Makanan pertama yang cocok dan baik untuk bayi adalah pure buah (buah matang yang dihaluskan) atau bubur saring.

Untuk tahapan selanjutnya, bayi bisa makan menu makanan yang sama dengan menu keluarga dengan memperhatikan porsi, tekstur, kandungan gizi dan kebutuhan bayi. Tidak perlu repot-repot mencontek menu MP-ASI di sosmed, karena bisa menyulitkan Mom jika menu yang ditampilkan tidak ada di lingkungan Mom.

instazu.com

Terkadang kita melihat menu MP-ASI  yang beragam di Instagram, di Youtube, ataupun di Google tentu banyak sekali  variasi yang dijadikan komposisi dalam satu porsi. Nggak salah juga sih kalau memang bisa dikerjakan, bahannya tersedia dan si bayi suka. Tapi bagi mom yang lebih suka simpel, nggak perlu pilih menu yang mahal kok, WHO menyarankan hanya berikan menu yang sama dengan anggota keluarga lain tentunya yang mencukupi kebutuhan nutrisi bayi dan teksturnya disesuaikan dengan usia bayi.

Misalnya, jika tidak ada ikan salmon bisa ganti dengan ikan kembung, ikan nila dan ikan gabus atau minyak Evoo bisa diganti dengan minyak kemasan merek lain.

Bagaimana Mommies, mudah bukan membuat MP-ASI sesuai rekomendasi WHO?