4 Manfaat Batang Sereh Untuk Obati Penyakit Kronis
Cari Berita

Advertisement

4 Manfaat Batang Sereh Untuk Obati Penyakit Kronis

Selasa, 05 November 2019


Batang sereh sering digunakan sebagai aroma masakan. bagian yang digunakan adalah bagian pangkal setelah dikupas dan dipotong ujungnya lalu digeprek. Dengan memasukkan batang sereh tadi aroma masakan akan jadi lebih khas. Selain sebagai pelengkap bumbu masakan, sereh juga banyak digunakan sebagai bahan dasar produk anti nyamuk. 

Dilansir dari Doktersehat.com manfaat batang sereh tentunya disebabkan kandungan di dalamnya. Berdasarkan USDA National Nutrient Database beberapa diantara kandungan 100 gram sereh terdapat kalium, kalsium, protein, lemak, karbohidrat, kalori, dan zinc. Selain itu tanaman sereh juga bersifat sebagai antijamur, antibakteri, antiinflamasi, analgesik dan antioksidan. 

Kabar baiknya, batang sereh juga digunakan oleh dr. Zaidul Akbar, penulis buku Jurus Sehat ala Rasulullah saw. Artinya, batang sereh merupakan pengobatan yang digunakan Rasulullah saw. 

Batang Sereh bisa digunakan sebagai obat dengan cara dua batang sereh dipotong kecil-kecil, di rebus selama 10-15 menit dan di minum airnya. Berikut ini manfaat mengonsumsi rebusan batang sereh sebagai obat yang dirangkum dari berbagai sumber, di antaranya.

Obat Autoimun
Autoimun adalah penyakit di mana kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari serangan penyakit malah bisa menyerang tubuh dan menyebabkan gejala seperti nyeri di seluruh bagian tubuh, nyeri sendi, fatigue dan demam ringan. Dengan rutin mengonsumsi rebusan batang sereh terbukti dapat menyembuhkan penyakit ini

Obat Bronkitis
Bronkitis cukup sering menyerang anak-anak. Penyebabnya bisa dari paparan asap rokok misalnya. Jika bronkitis kronis maka proses penyembuhannya bisa cukup lama dengan pengobatan dokter. Ternyata dengan meminum rebusan batang sereh juga dapat mengurangi batuk dan flu yang disebabkan bronkitis tanpa obat-obatan kimia. Rebusan batang sereh dapat dicampur dengan jahe dan madu.

Menyehatkan Tulang dan sendi
batang sereh mampu mengatasi kerusakan tulang rawan pada sendi karena mengandung kalsium dan mempunyai antiinflamasi. Selain itu juga dapat mengurangi gejala radang sendi, reumatik dan bisa menguatkan tulang. Rebusan batang sereh bisa dikombinasikan dengan madu, gula atau apel. selain mengonsumsi rebusan bisa juga digunakan untuk sebagai olesan dengan cara mengekstrak batang sereh menjadi minyak.

Obat Diabetes
Diabetes tergolong penyakit kronis yang sulit disembuhkan. Diabetes ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah yang menyebabkan organ pankreas tidak bisa memproduksi insulin yang dibutuhkan tubuh. Daun sereh bisa di gunakan sebagai obat alternatif untuk detoksifikasi dengan cara merebus 4 batang sereh hingga mendidih sekitar 10 menit. Untuk Mengurangi kadar gula darah dan mengobati diabetes tipe 2, teh sereh bisa diminum setiap pagi sebelum sarapan.

Selain mengobati keempat penyakit di atas masih banyak lagi manfaat batang sereh sebagai obat. Dengan cara rutin mengonsumsi teh sereh atau rebusan batang sereh dan yakin akan kesembuhan serta dengan izin Allah Yang Maha Kuasa.