Hal Apa Saja Yang Dibutuhkan Bayi Baru Lahir, Mama Millenial Wajib Tahu!
Cari Berita

Advertisement

Hal Apa Saja Yang Dibutuhkan Bayi Baru Lahir, Mama Millenial Wajib Tahu!

Jumat, 01 November 2019

Photo by Jude Beck on Unsplash
Bayi baru lahir adalah sesosok manusia yang memasuki dunianya yang baru. Setelah sekian lama berada dalam rahim yang hangat, nyaman dengan irama detak jantung ibu yang begitu dekat dengannya yang tentu sangat disukainya. Tentu baginya dunia yang baru terasa begitu asing sehingga ketika pertama kali merasakan suasana berbeda ia akan menangis. 

Sebagai orang tua, sudah seharusnya memberikan kebutuhan bagi sang bayi. Karena pada saat inilah peran orang tua amat sangat dibutuhkan oleh bayi. Untuk itu berikanlah hal-hal yang dibutuhkan mulai dari kebutuhan fisik hingga kebutuhan biologis. 

Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif karena itu perlu selektif dalam memilih perlengkapan bayi. Pakaian bayi harus berbahan lembut dan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis. Selain itu pastikan pakaian bayi yang akan digunakan selalu bersih sekalipun baru. 

Selain perlengkapan pakaian, bayi baru lahir juga butuh perhatian lebih. Kasih sayang adalah hal paling utama yang dibutuhkan bayi pada saat ini, karena itu sebagai orang tua haruslah bijak dalam memberikan segala macam kebutuhannya sebagai bentuk kasih sayang dan tanggung jawab. Berikut beberapa hal penting yang dibutuhkan bayi setelah dilahirkan. 

Rasa Hangat
Memasuki usia empat bulan adalah dimana ruh ditiupkan ke dalam tubuh bayi yang hampir sempurna di dalam rahim. Bayi mulai bisa merasakan detak jantung sang ibu yang menjadi irama yang menenangkannya setiap saat. Di dalam rahim sang ibu bayi akan selalu merasa hangat dalam cuaca apapun. Ketika lahir bayi akan merasakan perubahan suhu yang drastis, karena itu bayi akan tenang setelah dibedong atau dipeluk. 

Skin To Skin
Skin to skin atau sentuhan kulit juga dibutuhkan bayi baru lahir terutama dengan sang ibu. Skin to skin dapat menghangatkan tubuh bayi dan membuat bayi lebih tenang. Skin to skin bisa dilakukan dengan meletakkan tubuh bayi di atas tubuh ibu atau bisa juga dengan posisi berbaring sambil menyusui. Hal ini juga bisa menstimulasi ASI yang belum bisa keluar dengan lancar. 

ASI/ Kolostrum
Beberapa jam setelah lahir bayi akan merasa lapar sehingga butuh asupan makanan. ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan yang terbaik bagi bayi baru lahir. ASI yang pertama keluar harus diberikan kepada bayi karena merupakan kolostrum yang dapat menjadi antibodi untuk bayi. setelah itu bayi akan butuh ASI setiap satu atau dua jam sekali sebab ukuran lambung bayi masih sangat kecil untuk menampung cairan. Saat ini bayi hanya butuh sedikit ASI, agar kuantitas asi selalu stabil selalu usahakan memompa ASI setelah bayi menyusui. Karena dengan selalu memompa ASI, produktivitas ASI akan lebih efektif. 

Suasana Tenang
Ciptakan suasana yang tenang di kamar bayi. Bayi suka suara yang lembut. Suara yang keras dan tiba-tiba rentan membuat bayi terkejut. Bayi pada dasarnya memang mudah terkejut karena mempunyai refleks moro. Untuk itu jika memang terpaksa berada dilingkungan yang ramai cobalah untuk memutar irama yang lembut atau rekaman surat-surat al-Qur'an dengan volume sedang agar bayi tidak terkejut saat mendengar suara keras yang tiba-tiba. 

Tempat Tidur Bersih Dan Nyaman
Sebenarnya bayi tidak butuh bantal dan guling. Bayi baru lahir hanya butuh tempat tidur yang lembut, bersih dan nyaman. Tidak perlu menambahkan bantal yang terlalu banyak, selimut, bahkan boneka di tempat tidurnya. Hal itu hanya akan berpotensi bahaya bagi bayi. Cukup sediakan bantal khusus bayi yang tipis di tengahnya untuk menjaga kepala bayi. 

Mengasuh bayi baru lahir memang tidak mudah terlebih bagi orang tua baru. Namun bagi generasi millenial sudah cukup banyak tersedia informasi dari berbagai sumber terpercaya. Baik dari orang yang berpengalaman, dokter, buku, dan berbagai artikel pengasuhan. Para Mama Millenial diharapkan dapat menerapkan pengasuhan yang terbaik kepada anak sejak bayi agar menjadi anak yang sehat, cerdas dan bahagia.