Manfaat Ngeblog Selain Memperoleh Penghasilan
Cari Berita

Advertisement

Manfaat Ngeblog Selain Memperoleh Penghasilan

Sabtu, 30 November 2019


Ngeblog atau blogging menjadi aktifitas yang cukup ramai diminati terutama buat yang suka menulis. Selain sebagai media untuk menyalurkan tulisan, blogging juga bisa dijalankan sebagai profesi. Banyak blogger yang punya penghasilan jutaan hingga puluhan juta rupiah perbulan dari kegiatan blogging. Melalui tulisan-tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi, sponsored post, review, dan sebagainya sangat menungkinkan untuk mendapatkan penghasilan. 

Namun saat ini blog sudah tersaingi dengan vlog atau video blog. Meskipun memiliki blog yang menghasilkan Banyak juga blogger yang beralih menjadi vlogger. Karena dinilai lebih menjanjikan dan menonton video lebih banyak disukai berbagai usia. 

Meskipun begitu, bukan berarti blogger sudah terasingkan. Dengan maraknya dunia vlogging tak menyurutkan blogger yang masih setia untuk terus berkarya dan menginspirasi. 

Bahkan masih banyak generasi-generasi baru yang menaruh minat terjun ke dunia blogging. Karena blogging amat bermanfaat baik bagi penulis, blogger, dan pembacanya. 

Seperti yang telah dijelaskan di awal, banyak Blogger yang mendapatkan penghasilan melalui blog. Namun hal itu tentu butuh proses dan kerja keras. Nah, meskipun blog yang dibangun belum menghasilkan karena masih baru atau belum punya banyak pembaca, blog juga punya manfaat lain yang bisa dimaksimalkan. Berikut ulasannya. 

Berbagi Pengalaman
Blog Tidak harus menampilkan tulisan yang baku atau seperti layaknya tulisan di dalam majalah-majalah online atau buku-buku motivasi. Blog juga bisa berisi pengalaman pribadi. Malah hal ini sangat bagus karena bisa dipastikan merupakan tulisan original. Pengalaman unik seperti traveling, mengasuh anak luar biasa, pengalaman menggunakan produk cukup banyak dibaca. 

Menebar Manfaat
Tulisan pengalaman pribadi sekalipun akan bermanfaat bila dibagikan dan dibaca. Apalagi tulisan yang memang bertujuan untuk menginformasi, mereview, berbagi tips, resep atau apapun tentunya sangat dibutuhkan. Karena setiap orang punya pengalaman dan pemikiran yang berbeda. 

Melatih Kemampuan Menulis
Dengan rutin menulis blog, bisa membuat kita menjadi terbiasa menulis. Bagi yang bercita-cita menjadi penulis sangat dianjurkan untuk rutin menulis. Nah, untuk rutin menulis bisa diawali dengan menulis blog. Tulislah apa saja yang disukai, mulai dari pengalaman, tips, resep, DIY, game, musik, film, drama, buku, kecantikan, gaya hidup, hingga kisah inspiratif. 

Melestarikan Budaya Membaca
Dari sisi pembaca tentu bisa sangat bermanfaat karena sebagai blogger telah turut andil dalam melestarikan budaya baca yang saat ini dirasa kurang maksimal terutama generasi alpha. Kebanyakan generasi muda sekarang lebih suka menonton video atau bermain game. Dengan menulis tulisan yang menarik bagi kalangan muda maka mungkin saja ketertarikan dengan dunia baca menjadi semakin meningkat. Selain itu dari sisi blogger, jelas seorang blogger harus banyak membaca untuk menambah ide tulisan dan kosa kata sebagai bekal dalam memperindah tulisan.