Pilihan Menu MP-ASI Fase GTM
Cari Berita

Advertisement

Pilihan Menu MP-ASI Fase GTM

Jumat, 15 November 2019

Gerakan Tutup Mulut atau GTM adalah sebutan untuk masa-masa anak atau bayi menolak makanan. Pada masa inilah para orang tua dituntut untuk lebih kreatif agar nutrisi yang dibutuhan anak tetap terpenuhi. Tapi jangan stres dulu Mom, sebab banyak sekali solusi yang bisa dipraktekkan. Misalnya, dengan mengajak makan si kecil sambil jalan-jalan keluar melihat pemandangan, di taman atau cukup menikmati suasana diteras depan rumah. Selain itu, Mom juga bisa mengubah menu makanan atau memberikan sedikit variasi agar anak tidak bosan dengan menu yang hampir sama setiap hari.

Namun, sebelumnya perlu diketahui apa penyebab sehingga bayi mengalami GTM. Karena pada umumnya penyebab anak mengalami fase ini berbeda-beda. Bukan hanya karena bosan dengan menu makanan, bisa juga karena sariawan di mulut atau lidah bayi, dan sedang dalam proses tumbuh gigi. Jika penyebabnya sariawan, maka Mom bisa melakukan pengobatan pada mulut atau lidah bayi terlebih dahulu. Jika tidak terlihat adanya gejala sariawan mungkin bayi sedang akan tumbuh gigi. Mom bisa memberikan teether untuk mengurangi gatal pada gusi yang dapat mengganggu mood bayi.

Nah, jika tidak ada sebab-sebab sakit lainnya, bisa saja bayi hanya butuh menu yang variatif, bukan hanya bubur nasi dengan sayur-sayuran dan daging. Sesekali Mom bisa berkreasi dengan makanan manis. Berikut ini adalah beberapa contoh menu yang bisa dicoba, yuk simak!

Bola-bola Kentang

Sumber Gambar : Pinterest
Menu Bola-bola Kentang juga bisa jadi makanan pendamping asi loh, asalkan bayi sudah di atas 8 bulan. karena pada masa ini bayi sudah bisa melakukan gerakan mengunyah. Untuk membuat bola-bola kentang tidak sulit kok, Mom. Pertama, kukus kentang hingga lembut, haluskan. campurkan bahan-bahan yang diinginkan seperti daging, keju, telur puyuh, wortel, atau bermacam sayuran. Setelah tercampur semua bahan, bentuk bulat lalu balur dengan telur kocok dan tepung roti. Goreng hingga keemasan. Sajikan. 

Kentang Goreng

Sumber gambar : pinterest
Kentang goreng sudah bisa dikonsumsi anak usia satu tahun ke atas. Cara membuatnya cukup mudah, kentang yang sudah dipotong memanjang direbus sekitar lima menit. Setelah itu tiriskan dan beri tepung maizena secukupnya. Bekukan kentang selama 2 jam. Kentang siap digoreng kapan saja.

Bubur Sumsum

Sumber gambar : pinterest
Salah satu pilihan saat si bayi tumbuh gigi adalah mencoba makanan dengan cita rasa yang berbeda seperti bubur sumsum. Bahan utamanya terdiri dari tepung beras, tepung maizena, santan/ fiber creme, gula merah dan air. Selain untuk bayi enam bulan ke atas, makanan ini bisa dikonsumsi untuk satu keluarga. Untuk resep lengkapnya bisa cek di cookpad ya, Mom.

Bubur Kacang Hijau

Sumber gambar : pinterest
Untuk membuat MP-ASI berbahan dasar kacang hijau, pilih kacang hijau kupas agar lebih mudah dikonsumsi bayi. Untuk bayi usia dibawah 9 bulan, sebaiknya kacang hijau dihaluskan terlebih dahulu menggunakan blender.

Buah-buahan
Sumber gambar : Parenting Orami
Pada umumnya, bayi tak akan menolak buah-buahan karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Pilih buah yang teksturnya halus dan lembut seperti pisang, mangga, apel dan pepaya.

Itulah beberapa menu yang bisa diberikan kepada si kecil dikala sedang GTM. Selamat mencoba ya, Mom!