Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam mengajarkan Shalat Sebelum Anak Berusia Tujuh Tahun -->
Cari Berita

Advertisement

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam mengajarkan Shalat Sebelum Anak Berusia Tujuh Tahun

Kamis, 12 Desember 2019


Shalat merupakan kewajiban yang paling utama bagi setiap muslim. Allah swt memerintahkan kepada manusia untuk mendidik keluarga perihal shalat. Sehubungan dengan itu Rasulullah saw memerintahkan pula kepada umatnya untuk mulai memerintahkan anak shalat pada usia tujuh tahun. Meskipun belum berusia baligh, membiasakan ibadah anak sejak dini sangat berpengaruh dengan kebiasaannya diusia dewasa kelak.

Saat anak memasuki periode golden age yaitu usia 0-5 tahun merupakan usia yang paling penting dalam kehidupannya. Karena pada usia ini otak mengalami perkembangan yang maksimal. Hal apapun yang dipelajari pada usia golden age akan berpengaruh bagi perkembangan dan pertumbuhannya hingga dewasa.

Pada usia ini anak lebih banyak belajar dengan cara meniru perilaku orang terdekatnya terutama orang tuanya. Karena itu keluarga adalah lembaga yang paling berperan dalam pendidikan terutama pendidikan karakter.

Demikian pula mendidik anak dalam hal beribadah. Anak haruslah dilatih sejak dini baik melalui perilaku maupun nasehat. Untuk mencapai keberhasilan dalam melatih ibadah shalat ataupun bentuk ibadah lainnya agar terbiasa, berikut ini dirangkum beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengajarkan dan membiasakan ibadah shalat anak sebelum usia tujuh tahun.

Mengajak Anak Shalat Bersama
Sejak anak sudah bisa berdiri dan berjalan, anak sudah bisa di ajak shalat bersama. Anak tidak perlu mengikuti gerakan utuh, cukup dengan berada di satu ruangan bersama akan memperlihatkan bagaimana cara orang tuanya atau anggota keluarga yang lain melakukan shalat. Anak usia dini sudah siap merekam aktifitas atau perilaku yang dilakukan orang-orang terdekatnya. Sehingga kelak ketika ia sudah siap menjadi peniru, perilaku yang telah direkam dimemori anak tersebut akan menjadi lebih mudah untuk diterapkan. Bahkan dengan sendirinya akan menjadi kebiasaan tentunya dengan senantiasa dibimbing dan diarahkan.

Memberikan Pengertian Dan Makna Shalat Sesuai Dengan Usianya
Ketika anak sudah mulai menanyakan apa yang ia lihat dan apa yang ingin ia ketahui maka inilah saat yang tepat untuk menjelaskan pengertian dan makna shalat yang wajib kita lakukan. Setiap anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi namun tidak semua pertanyaan mereka bisa dijawab dengan mudah. Karena pada usia dini anak belum bisa menerima penjelasan dengan bahasa yang rumit dan sulit dimengerti. Anak hanya akan mengerti jika apa yang dijelaskan kepadanya bisa dibuktikan atau bisa dilihat.

Sebelum memberikan penjelasan mengenai makna shalat ada baiknya terlebih dahulu mengenalkan kepada anak tentang siapa yang memberikan perintah shalat yaitu Allah swt.

Ada banyak metode dalam mengenalkan anak tentang ketuhanan. Misalnya dengan menunjukkan ciptaannya yang luar biasa, siapa yang menurunkan hujan, siapa yang menciptakan matahari, siapa yang menjadikan malam dan siang dan sebagainya. Dalam hal ini orang tua haruslah bijak dalam menjelaskan karena anak selalu penasaran dengan setiap jawaban. Mereka akan selalu bertanya hingga benar-benar bisa mengerti.

Menjadi Contoh dan Teladan Bagi Anak
Anak adalah peniru yang baik, mereka lebih cepat meniru perilaku apapun yang sering dilihatnya sehari-hari. Untuk itu, orang tua harus menjadi contoh dan teladan yang baik untuk ditiru. Begitu pula dalam hal ibadah, agar anak terbiasa melakukan shalat sejak dini orang tua haruslah konsisten dalam menjalankan shalat.

Bertahap
Untuk mengajarkan ibadah kepada anak tidak harus instan. Mengajarkan anak usia dini tidak perlu dipaksakan, sebab anak akan mudah bosan jika terlalu dipaksa. Semua harus dijalankan dengan perlahan dan bertahap. Untuk ibadah shalat akan lebih mudah bagi anak dalam meniru gerakan shalat terlebih dahulu. Kemudian jika sudah lancar dalam melakukan gerakan shalat barulah di ajarkan bacaan shalat.

Itulah hal-hal yang bisa diterapkan dalam mengajarkan anak shalat. Shalat sejak dini agar saat usianya sudah wajib melaksanakan shalat, ia sudah lancar dan terbiasa dalam menjalankannya dengan baik dan benar. Selain itu, orang tua juga akan mendapat pahala dalam mendidik anaknya dalam beribadah.