Ternyata ASI Tidak Bermanfaat Dikonsumsi Anak Diatas Usia 2 Tahun
Cari Berita

Advertisement

Ternyata ASI Tidak Bermanfaat Dikonsumsi Anak Diatas Usia 2 Tahun

Rabu, 04 Desember 2019

Masa sih? Anakku masih menyusui sampai usianya empat tahun loh...

Memang, beberapa ibu bisa memberikan ASI hingga anak berusia lebih dari dua tahun. Padahal banyak pakar menyatakan bahwa mengonsumsi ASI hanya bermanfaat untuk bayi 0 hingga 2 tahun. 

Biasanya hal ini terjadi pada anak pertama yang belum punya adik atau anak bungsu yang sudah tidak lagi punya adik. Alasannya mungkin karena adanya bonding atau ikatan yang kuat antara ibu dan anak sehingga sulit untuk menyapih.

Sebaiknya anak yang sudah 2 tahun disapih dengan berbagai cara agar asupan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan bisa dimaksimalkan.

Jika anak mengonsumsi ASI, maka kemungkinan anak akan merasa kenyang namun ASI itu sendiri sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak tersebut karena sudah berusia diatas 2 tahun. Oleh karena itu sudah seharusnya anak disapih diusia dua tahun.  

Ada banyak cara untuk menyapih anak misalnya dengan cara yang populer sekarang yaitu dengan hypnoparenting yaitu metode berbicara dengan anak melalui alam bawah sadarnya ketika anak mulai tertidur beberapa menit sebelum benar-benar nyenyak.

Hypnoparenting yang juga dikenal dengan istilah sounding ini sangat efektif untuk memberikan sugesti apapun kepada anak. Lakukan dengan yakin dan berulang-ulang hingga berhasil.

Misalnya dengan mengatakan, "Nak, sekarang kamu sudah besar ya, besok tidak nenen mama lagi ya. Sekarang kamu sudah jadi anak pintar. Nenennya bisa pakai gelas dan sedotan."

Selain itu ada pula yang menggunakan cara memberi penjelasan secara baik, dibarengi dengan dalil al-Qur'an surat al-Baqarah ayat 233 yang bermakna seorang ibu dianjurkan untuk menyusui anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.

Bagi ibu yang sudah mengenalkan kepada anaknya tentang Allah Sang Pencipta, cara ini bisa sangat efektif dan cara ini juga sudah dibuktikan oleh seorang blogger parenting Shennaristy.

Saat akan menyapih anak, Shenna menjelaskan bahwa Allah swt memerintahkan untuk menyusui anak hanya sampai usia dua tahun tidak lebih.

Shenna mengucapkan hal ini pada anaknya berulang-ulang hingga hari ke-3 sang anak dengan sendirinya bisa melepas ASI tanpa drama tangisan dan sebagainya. Masyaallah. Tabarakallah. 

Mungkin secara logika anak masih belum paham jika diterapkan dengan kedua metode di atas. Namun seorang ibu yang bersungguh-sungguh, ikhlas, berdoa untuk kebaikan dan disertai dengan niat yang baik maka dengan izin Allah semoga bisa terlaksana.