5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebagai Blogger Produktif 2020
Cari Berita

Advertisement

5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebagai Blogger Produktif 2020

Senin, 20 Januari 2020

Image by https://pixabay.com/photos/

Menjadi blogger produktif memang tak mudah. apalagi setiap tahun selalu ada perubahan dan peningkatan algoritma google. ditambah persaingan yang semakin tinggi dan signifikan. untuk itu sebagai blogger tentunya wajib untuk selalu belajar dan mencoba berbagai hal baru. agar tidak kehabisan ide dan blog tetap produktif lakukan beberapa hal berikut

Tidak Harus Fokus Pada Manfaat
menulis blog tidak selalu harus kontek yang bijak atau memberi manfaat. banyak blogger yang lebih produktif ketika hanya menuangkan pikirannya ke dalam tulisan. bukan berarti tulisan tersebut tidak bermanfaat bahkan biasa tulisan seperti itulah yang banyak disukai.

Lengkapi Peralatan Teknis
untuk membuat blog yang lebih profesional ada baiknya untuk meningkatkan peralatan dalam kegiatan blogging. hal-hal yang berhubungan dengan teknis seperti template, domain, hosting (free hosting atau berbayar), aplikasi editor gambar atau aplikasi membuat ilustrasi dapat meningkatkan kualitas blog bahkan pengunjung blog.

Post Blog Schedjule
salah satu hal yang dapat menjadikan blog berkualitas adalah jadwal atau schedjule yang sudah ditentukan sendiri untuk menerbitkan sebuah postingan. Setidaknya posting tulisan atau artikel seminggu 2-3 kali dihari dan jam yang sama, akan lebih baik lagi jika bisa posting satu tulisan atau artikel setiap hari.

Memanfaatkan Social Media
Social media memang bukan hal utama yang dapat meningkatkan kualitas blog, tapi jika kita memiliki blog pribadi sangat memungkin untuk menjadikan social media sebagai branding. artinya kita bisa memperkenalkan blog yang dibangun dengan menampilkan indografis, preview, video, atau link yang dapat mengarahkan followers, teman, dan kenalan dari media social untuk tertarik membuka dan membaca blog yang kita miliki.

SEO 
Meskipun bukan merupakan hal utama dalam tulisan di blog namun tidak dapat dipungkiri SEO (Search Engine Optimation) cukup penting untuk kelangsungan sebuah blog. menurut beberapa blogger berpengalaman teknik SEO tidak selalu sama. Artinya, standar SEO tidak bisa ditetapkan dengan satu teori. Namun untuk hal-hal yang mendasar seperti long tail keyword, riset keyword, jumlah kata, dan masih banyak hal lainnya sangat bisa dipelajari.