Si Sulung Merasa Terabaikan Saat Punya Adik, Bagaimana Mengatasinya? -->
Cari Berita

Advertisement

Si Sulung Merasa Terabaikan Saat Punya Adik, Bagaimana Mengatasinya?

Jumat, 31 Januari 2020


Memiliki anak adalah anugerah dalam sebuah pernikahan. Bagi pasangan pada umumnya biasanya menginginkan punya anak lebih dari satu. Tentunya harus direncanakan dengan persiapan yang matang. baik dari segi mental, fisik, maupun materi. karena tidak mudah untuk menjadi orang tua yang benar-benar mampu bertanggung jawab dalam segala hal terhadap anak.

Adanya kehadiran sosok baru dalam keluarga merupakan hal yang bisa dibilang rumit bagi si sulung. Sebab, selama ini yang ia kenal hanyalah orang-orang yang paling dekat dengannya, ayah dan ibu. Maka pada saat si adik lahir, perasaannya akan campur aduk. Ia bisa saja sangat senang karena akhirnya mempunyai teman yang akan sangat dekat dengannya, namun lambat laun ia akan merasa sang adik adalah sosok yang merebut orang tuanya jika seluruh perhatian orang tua tertuju pada adik yang baru lahir tersebut.

Untuk itu, sebelum si adik lahir Mom bisa mencegah timbulnya perasaan buruk terhadap si adik dengan cara mengenalkannya pada sosok adik yang akan lahir seperti, "Kak, nanti kalau adik lahir kamu bakalan punya teman baru.", atau "Nanti kakak mau beri nama siapa adiknya?". Dan sebagainya.

Namun jika setelah lahir sang kakak masih merasa tersisih karena Mom hanya mengurus si adik. Mom bisa terapkan beberapa cara berikut.

Menjelaskan Bahwa Adik Bayi Juga Butuh Perhatian
Selama ini si sulung merasa bahwa dirinya lah yang paling diperhatikan dan dimanja karena semua perhatian orang tua hanya tertuju padanya. Jika sang kakak mulai menunjukkan perasaan iri terhadap adiknya seperti mencari perhatian dengan merusak mainan, menangis, berteriak atau marah maka Mom bisa menjelaskan hal yang paling sederhana dengan cara perlahan bahwa si adik masih bayi dan masih membutuhkan bantuan orang tua untuk mandi, memakai baju, mengganti celana/ popok, dan menyusu.

Memberikan Pengertian Bahwa Si Kakak Juga Anak Yang Berharga Bagi Mom
Sesekali ketika si sulung sedang bisa diajak bicara, Mom juga bisa memberikan pengertian bahwa sang kakak juga dulu waktu masih bayi diperlakukan sama dan sekarang walaupun si kakak sudah lebih besar namun tetaplah anak yang Mom sayangi sama seperti adik.

Melibatkan Si Kakak Saat Mengurusi Sang Adik
Meskipun usia si kakak masih kecil tapi pasti sudah bisa di ajak melakukan kegiatan sederhana dalam mengasuh bayi seperti mengambilkan pakaiannya dilemari, membawakan handuk saat mandi, dan mengajak adik bicara. Ini juga bertujuan agar hubungan adik kakak semakin dekat ya, Mom.

Memberikan Kamar Terpisah
Kamar terpisah dengan anak adalah satu hal yang cukup ampuh untuk menjaga perasaan si sulung dari kemungkinan merasa tersisihkan setelah punya adik. Jika sebelum si adik lahir si kakak sudah tidur di kamar terpisah, maka akan mengurangi sedikit perasaan itu karena dia telah menyesuaikan diri dengan tidur sendiri. Memang bagi beberapa orang tua cukup sulit ya, Mom. Karena ada juga anak yang masih takut untuk tidur di kamar sendiri, apalagi jika masih balita. Tapi hal ini bisa disiasati dengan tidur dengan kasur terpisah tapi tetap di satu ruangan. 

Jangan Mengabaikannya Saat Dia Butuh Perhatian

Banyak nih, para orang tua yang lupa kalau anak umur berapapun sangat butuh perhatian penuh. Kadang tanpa disadari karena sibuk dengan kegiatan lain, kita mengabaikannya, memintanya untuk tidak mengganggu. Padahal hal ini sangat berpengaruh negatif terhadap perkembangan otaknya. Anak akan menyimpan perlakuan orang tuanya terhadapnya, sehingga anak akan bersikap kurang empati dan tidak percaya diri karena sering diabaikan. 

Seperti yang telah diutarakan di atas bahwa punya anak itu bukan perkara mudah, sebab banyak hal yang perlu dipenuhi dan dipertanggungjawabkan. Karena itu, sebagai orang tua harus selalu ingat hal terpenting bagi anak adalah perhatian. Misalnya hal yang paling sederhana adalah ketika si anak bertanya, berikanlah jawaban yang sepatutnya atau ketika anak ingin mengajak bermain sediakan sedikit waktu khusus untuk bermain bersamanya. 

Sekian dulu ya Mom, happy reading dan semoga berhasil..