Memiliki Tema Yang Hampir Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Drama China Find Your Self Dan Drama Korea Encounter
Cari Berita

Advertisement

Memiliki Tema Yang Hampir Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Drama China Find Your Self Dan Drama Korea Encounter

Selasa, 03 Maret 2020


Drama Korea Encounter merupakan drama terlaris akhir tahun 2018 lalu. Bahkan sempat pula tayang di salah satu chanel TV swasta Indonesia. Drama ini diperankan aktor muda dan tampan Park Bo Gum bersama si cantik legendaris Song Hye Kyo. 

Menyusul kepopuleran drama korea di kancah dunia, China saat ini banyak memproduksi drama yang tak kalah menarik dan menghibur. Salah satu drama yang baru saja menamatkan episodenya di 2020 adalah Finding Your Self. Tak berbeda dengan Encounter, Find Your Self diperankan oleh aktor dan aktris yang populer pula. Song Wei long yang masih berusia 20 tahun tampak serasi dipasangkan dengan Victoria Song meskipun memiliki perbedaan usia yang cukup jauh. 

Kedua drama ini mengusung tema yang hampir mirip yaitu pria yang jatuh cinta dengan wanita yang usianya jauh lebih tua dan sama-sama menceritakan seputar perkantoran. 

Meskipun memiliki kesamaan, keduanya ternyata memiliki perbedaan mencolok dari segi genre. Kalau saat menonton Encounter kita disuguhkan dengan plot yang dramatis, trauma masa lalu dan segala ciri khas drama korea yang mengguncang emosi. Nah, lain halnya saat menonton Find Your Self. Drama China ini sangat ringan dan cocok ditonton saat santai bersama keluarga. Karena lebih banyak menonjolkan cerita seputar orang tua, saudara, tetangga, dan sahabat. 

Selain itu, berikut ada beberapa hal lain yang membuat kedua drama ini berbeda.

Fokus Pasangan
Drama Encounter tampaknya lebih fokus menceritakan pasangan tokoh utama. Dari awal episode mereka dipertemukan hingga menjadi rekan sekantor sudah memunculkan banyak sisi romantis. Sedangkan drama Finding Your Self memunculkan lebih dari 2 pasangan yang cukup sering muncul di setiap episodenya. 

Karakter Tokoh
Dilihat dari karakter, tokoh utama memiliki perbedaan khas seperti karakter Yuan Song yang diperankan Song Wei Long memiliki pendirian sangat tegas, kekanakan dan keras kepala. Sangat berbeda dengan karakter yang dimiliki Park Bo Gum sebagai Kim Jin Hyuk di Encounter. Kim Jin Hyuk memiliki sifat ceria, berhati lembut dan ramah. Keduanya memiliki pesona tersendiri dihati penonton.

Panjang Episode
Drama China memiliki episode yang lebih panjang dari pada drama Korea. Namun dari durasinya drama China lebih sedikit hanya 40 menit perepisode. Sedangkan episodenya mulai dari 24 sampai 50 episode.

Plot Yang Rumit Dan Detail
Drama korea dikenal dengan ceritanya yang kompleks. Di drama Encounter penonton dapat menikmati plot yang cukup menegangkan seperti rumitnya permasalahan yang dihadapi Kim jin Hyuk saat harus menghadapi gosip rekan kantor yang secara tiba-tiba mengetahui kedekatannya dengan CEO perusahaan mereka. Selain itu drama ini juga menggugah emosi penonton ketika melihat pertengkaran antara ibu dan anak setiap kali bertemu yang tak kunjung akur.

Ringan Dan Mengalir
Jika di drama Encounter disuguhkan cerita yang menegangkan, berbeda dengan drama China Find Your Self. Penonton drama China mungkin sudah paham ya, sebagian besar drama yang diproduksi memang mengangkat cerita yang ringan dengan setting kehidupan sehari-hari seputar keluarga, romantisme, dunia kerja dan persahabatan.

Tak hanya itu, yang paling menarik saat menonton drama China adalah banyak sisi komedi yang ditonjolkan. Generasi 80an hingga 90an pasti tau kan film-film dari china yang seru-seru seperti Shaolin yang bikin menarik dari film tersebut adalah banyaknya kelucuan yang selalu membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal. Begitu juga dramanya selalu terselip sketsa lucu di dalamnya.