Mengenal Dan Meneladani Sikap Aisyah Radhiyallahu Anha Terhadap Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam -->
Cari Berita

Advertisement

Mengenal Dan Meneladani Sikap Aisyah Radhiyallahu Anha Terhadap Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam

Minggu, 12 April 2020


Aisyah Radhiyallahu Anha adalah istri seorang Nabi, Anak dari Abu Bakar As-Shidiq yang termasuk orang yang pertama-tama masuk Islam, keluarganya adalah keluarga muslim pertama dalam sejarah, dan pernah mendapatkan pembelaan langsung dari Allah ketika nama baiknya dirusak orang-orang munafik.
Aisyah Radhiyallahu Anha memiliki julukan-julukan yang baik diantaranya Ummul Mukminin dan Humairaa'. kehebatannya dalam keilmuan Islam membuatnya dijuluki Ummul Mukminin yang artinya "ibunda kaum mukmin" dan Humairaa' merupakan panggilan kesayangan Rasulullah kepadanya yang berarti "pipi yang kemerahan".
Sikap Aisyah kepada Rasulullah SAW yang patut diteladani adalah ketaatannya kepada suami. Kebiasaan Aisyah saat di rumah adalah selalu melaksanakan pekerjaan rumah tangga setiap paginya. Tanpa ada rasa mengeluh, Aisyah selalu berusaha mengerjakan pekerjaan rumah tangganya dengan baik dan tekun.
Aisyah adalah salah satu wanita yang patut disanjung dan patut dijadikan sebagai contoh muslimah lainnya. Beliau memiliki hati yang lembut, penuh cinta, hangat dan setia kepada suaminya. Selain itu, Aisyah selalu menebarkan kedamaian, kasih sayang dna cinta sekalipun saat Aisyah sedang marah kepada Rasulullah SAW. Rasulullah mengatakan kepada Aisyah, “Sungguh aku mengetahui marah dan lapangmu saat kamu tenang”
Meskipun bersikap manja dan cemburu, Aisyah adalah sosok istri yang memiliki sifat keibuan. Maka tidak heran, walaupun dinikahi Rasulullah SAW di usia yang masih sangat muda, namun Aisyah menjadi tempat yang nyaman dan dekapan yang hangat bagi suaminya.
Selain sifat keibuannya ini kepada Rasulullah, beliau juga sering mengasuh, mendidik dan mengajar ilmu agama kepada anak-anak kecil di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Beliau adalah salah satu rujukan para sahabat terkemuka dan sumber dari berbagai persoalan bidang ilmu pengetahuan, agama, Al-Quran dan As-Sunnah.
Aisyah adalah sosok istri yang tidak pernah sekalipun menentang perintah Rasulullah SAW selama hampir sembilan tahun membiduk rumah tangga. Seperti halnya ketika ada sesuatu yang menganggu perasaan Rasulullah SAW, maka dengan menggunakan isyarat saja, Aisyah pasti langsung menghindari dan menyingkirkannya.
Demikian sikap Aisyah kepada Rasulullah yang banyak diliputi cinta, kasih sayang dan kesetiaan. Semoga dapat menjadi teladan bagi kita semua terutama bagi muslimah calon penghuni surga.
sumber referensi dalamislam.com