Orang Tua Adalah Guru Terhebat Bagi Anak -->
Cari Berita

Advertisement

Orang Tua Adalah Guru Terhebat Bagi Anak

Sabtu, 04 Juli 2020


Mendidik anak adalah kewajiban utama sebagai orang tua. Meskipun di Indonesia cukup banyak tersedia lembaga pendidikan mulai dari usia dini hingga perguruan tinggi, namun pendidikan dalam keluarga tetap yang terpenting. Sebab, manusia mengawali kehidupannya dari lingkungan keluarga dan paling dekat dengan keluarga (semestinya).

Pada kenyataannya banyak orang tua yang masih belum mengutamakan pendidikan keluarga. Mereka beranggapan bahwa pendidikan anak 100 % dari lembaga formal atau nonformal. Padahal banyak hal yang seharusnya dipelajari seorang anak dari orang tuanya. 

Entah itu karena alasan sibuk bekerja, sibuk berkarir, sibuk bersosialisasi dan sibuk mengoreksi kehidupan orang lain sehingga tidak menyadari tanggung jawab penting yang paling perlu di lakukan. 

Menjadi orang tua merupakan karunia terbaik yang Allah Subhanahu wa Ta'ala berikan kepada manusia. Setiap orang tua akan bahagia bila dikaruniakan seorang anak. Allah Subhanahu wa Ta'ala mengkaruniakan seorang anak bukan tanpa aturan. Setiap orang tua diberi tanggung jawab untuk merawat anak sejak bayi hingga dewasa, memberikan kasih sayang, memberi nafkah, dan mendidik anak agar cerdas dan berakhlak mulia.

Mendidik anak tentu bukan hal yang mudah, butuh usaha dan ilmu parenting yang perlu dipelajari agar pendidikan yang diberikan dapat diterima dengan maksimal. Karena untuk menjadi guru yang profesional butuh pendidikan agar mendapat gelar yang sesuai, begitu juga untuk menjadi guru yang baik bagi anak sendiri. 

Kewajiban orang tua mendidik anak dimulai sejak dalam kandungan. Bahkan harus dipersiapkan sebelum kehamilan. Sebelum merencanakan kehamilan, penting bagi setiap orang tua untuk belajar bagaimana menstimulasi kecerdasan anak sejak dalam kandungan. Misalnya, penting dimasa ini, ibu hamil lebih banyak mendengar suara-suara yang menenangkan baik itu suara orang tuanya ataupun suara lantunan ayat suci Al-Qur'an.

Setelah anak lahir, semakin banyak stimulasi yang perlu dilakukan agar proses tumbuh kembang anak maksimal. Pastinya orang tua harus lebih banyak bekerja sama dan saling mendukung untuk memahami perkembangan sang anak. Saat ini lah peran penting orang tua dibutuhkan untuk memaksimalkan kecerdasan dan pertumbuhan otak anak. Di usia ini anak juga sangat terampil meniru orang di sekitarnya. Karena itu, anak perlu melihat kebiasaan yang baik terutama dari orangtuanya agar dapat ia tirukan dan menjadi kebiasaan yang baik pula baginya nanti.

Note:
(Udah lama enggak nulis jadi agak kaku tulisannya.... tadinya mau cerita pengalaman, eh malah kayak nulis ilmiah)