6 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Untuk Kesehatan, Bisa Awet Muda! -->
Cari Berita

Advertisement

6 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Untuk Kesehatan, Bisa Awet Muda!

Jumat, 05 Februari 2021

Manfaat Mandi pagi


Mandi pagi terutama sebelum subuh banyak manfaatnya, loh. Walaupun terasa dingin tidak perlu menambahkan air panas karena ternyata setelah mandi tubuh malah terasa hangat coba deh buktikan. Dengan mandi sebelum subuh tubuh akan terasa lebih segar dan lebih bersih. Selain bermanfaat untuk menyegarkan dan membersihkan tubuh mandi sebelum subuh juga bermanfaat dalam kesehatan seperti berikut ini

Mengurangi Stress dan Depresi

Stress merupakan masalah pada tubuh yang sering terjadi disebabkan tekanan atau perubahan. Stress dapat memengaruhi emosi dan perilaku seseorang. Gejalanya seperti gelisah, marah, tertekan, sulit tidur dan tubuh terasa nyeri. Hal ini juga bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menghilangkan stress. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan rutin mandi sebelum subuh. Mandi subuh dapat membantu melepaskan hormon yang dapat melawan stress dan depresi


Mencegah Penuaan Dini

Mandi sebelum subuh tidak hanya menyegarkan dan menyehatkan namun juga membantu mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan mandi sebelum subuh dapat melembabkan dan mencerahkan kulit melalui air dingin yang menyentuh kulit. 

Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Kadar gula darah dalam tubuh yang berlebihan akibat terlalu sering konsumsi makanan dan minuman manis dapat berakibat buruk bagi tubuh. Tubuh dengan kadar gula darah yang tinggi beresiko mengidap penyakit diabetes, obesitas, stroke dan masalah saraf kulit yang dapat mengganggu penyembuhan luka.

Mandi sebelum subuh diketahui dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang berlebih. Hal ini dikarenakan adanya detoksifikasi tubuh dengan suhu yang didapatkan dari air dingin pada subuh hari.


Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu cara meningkatkan imun yang cukup mudah adalah dengan mandi sebelum subuh. Dengan cara ini tubuh dapat meningkatkan sel-sel darah putih yang berperan sebagai pembangun imunitas tubuh. Hal ini dapat memicu imun tubuh semakin kuat dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit. 

Meningkatkan Kesehatan Reproduksi

Kesehatan reproduksi sangat penting bagi kelangsungan hidup setiap manusia. Karena dengan begitu, seseorang akan lebih mudah merencanakan untuk memiliki keturunan bersama pasangan tentunya. Selain olah raga teratur dan konsumsi makanan sehat, mandi sebelum subuh dapat menjaga kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita sebab dengan mandi sebelum subuh secara teratur dapat meningkatkan hormon testosteron pria dan estrogen wanita. Hal ini baik dilakukan secara rutin bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan.

Menyuburkan Rambut

Rambut yang sehat ditandai dengan kekuatan dan keindahan rambut. agar rambut sehat diperlukan protein dan vitamin yang cukup. Selain itu, juga dari cara keramas, penggunaan bahan kimia dan alat menata rambut. Ada cara yang mudah dan cukup efektif untuk menjaga kesuburan rambut yaitu mandi sebelum subuh. Hal ini disebabkan air dingin dapat menutupi kutikula rambut sehingga dapat menghindari kerontokan dan mencegah debu atau kotoran menempel dikulit kepala. 

Banyak sekali ya manfaat mandi menjelang subuh bagi kesehatan, jadi jangan sampai terlewatkan, ya.

Jika merasa terlalu dingin jangan khawatir, ada cara mandi yang efektif agar tubuh bisa beradaptasi dengan rasa dingin saat mandi. Pertama, awali mandi dengan menyiram bagian kaki, betis hingga ke lutut. Kemudian lanjut sampai ke perut dan dada. Terakhir barulah membasahi bahu dan kepala. Metode ini bermanfaat agar metabolisme tubuh dapat berjalan lancar karena darah dapat mengalir di dalam tubuh tanpa hambatan. 

Setelah mandi agar lebih segar dan wangi tahan seharian, wajib pakai deodorant antiprespirant seperti Rexona Free Spirit Deolotion. Kamu akan terbebas dari bakteri yang menyebabkan bau badan tak sedap.