Jangan Disepelekan, Ini 4 Manfaat Balita Belajar Bahasa Asing, Bisa Cegah Penyakit! -->
Cari Berita

Advertisement

Jangan Disepelekan, Ini 4 Manfaat Balita Belajar Bahasa Asing, Bisa Cegah Penyakit!

Minggu, 28 Februari 2021

Belajar bahasa asing lebih mudah diterapkan sejak usia dini. Sebab, di usia balita anak lebih cepat menangkap keterampilan bahasa. Sehingga tidak butuh upaya keras agar anak dapat belajar bahasa asing. Meskipun begitu, mengajarkan balita bahasa asing juga butuh metode khusus agar tidak mengganggu tumbuh kembangnya dalam periode emas. 




Kita tahu saat ini keterampilan bahasa sangat berguna di dunia kerja dan akademik. Sehingga banyak orang tua yang berlomba-lomba memberikan anaknya pembelajaran bahasa asing sejak balita baik formal maupun nonformal. Sebenarnya tidak hanya itu, keterampilan bahasa juga bermanfaat untuk proses pertumbuhan anak. Simak penjelasannya berikut ini!


Meningkatkan Daya Ingat


Belajar bahasa asing dapat membantu meningkatkan daya ingat anak sebab dalam keterampilan bahasa memerlukan kemampuan menghapal dan mengingat kosa kata yang tidak sedikit. Kemampuan mengingat kosa kata yang banyak dan dalam waktu yang lama dapat merangsang ingatan lebih tajam. Hal ini tentunya dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. 


Mengasah Kreativitas Anak


Selain menghapal dan mengingat keterampilan bahasa asing juga memerlukan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir logis. Hal ini dapat menjadi stimulasi yang baik untuk otak dalam mengasah kreatifitas otak anak. 


Melatih Keterampilan Berbicara


Keterampilan bahasa cenderung merangsang anak untuk berbicara. Dengan belajar bahasa asing anak akan terbiasa melafalkan berbagai kosa kata. Hal ini dapat mengasah keterampilan berbicara pada anak agar lebih lancar dan fasih. 


Mencegah Alzheimer


penelitian membuktikan belajar bahasa asing dapat mencegah penyakit alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit dengan gejala menurunnya daya ingat hingga kehilangan daya ingat sedikit demi sedikit. Hal ini disebabkan karena keterampilan bahasa asing melatih otak untuk terbiasa dengan kemampuan mengingat multitasking. Dengan kemampuan beradaptasi di dua hal yang berbeda dalam satu waktu otak akan terjaga kesehatannya karena diransang untuk berpikir dan mengingat. 

Nah, itulah manfaat yang bisa di dapat jika mengajarkan anak belajar bahasa asing sejak dini. Bahasa asing dapat menjadi bekal yang sangat berguna bagi anak kelak ketika dewasa dan banyak manfaat yang bisa diperoleh bagi masa pertumbuhannya.