5 Skill Utama Yang Wajib Dimiliki Wanita Millenial -->
Cari Berita

Advertisement

5 Skill Utama Yang Wajib Dimiliki Wanita Millenial

Minggu, 14 Maret 2021

skill wanita millenial
Rendy Novantino on Unsplash

Sebagai seorang wanita sudah pasti memiliki peran ganda dilingkungannya. Baik wanita karir maupun ibu rumah tangga. Semua itu harus dibekali dengan keahlian atau skill yang mumpuni agar tugas-tugas dan rencana-rencana dapat terlaksana dengan maksimal.


Keahlian seorang wanita biasanya dapat tercipta melalui pengalaman-pengalaman sehari-hari ditambah dengan banyak membaca artikel, berita dan media sosial. Selain itu, skill yang di dapat juga tak terlepas dari pendidikan di sekolah dan bimbingan dari orang tua. 


Dalam kehidupan sehari-hari tentunya banyak hal yang memerlukan keahlian bahkan hal terkecil sekalipun. Mulai dari merawat diri, memasak, membersihkan lingkungan, merawat keluarga, komunikasi, menjaga stabilitas financial, hingga mendidik anak yang menjadi tugas wajib bagi orang tua. Untuk itu, keahlian harus dimiliki setiap orang terutama di sini seorang wanita yang menjadi tokoh utama dalam rumah tangga. Tidak hanya sampai disitu, mengingat perkembangan global yang semakin hari menuntut kita untuk semakin maju maka keahlian atau skill juga perlu dikembangkan agar tidak tertinggal zaman. 


Berikut ini 5 skill utama yang wajib dimiliki wanita millenial agar dapat melakukan perannya dengan baik dilingkungan keluarga dan masyarakat. 


Merawat Diri

Merawat diri adalah skill paling utama yang harus dimiliki seorang wanita karena perawatan menjadikan penampilan wanita mempengaruhi image seseorang. Tampil rapi dan bersahaja adalah image terbaik seorang wanita. Merawat diri juga bermanfaat agar pikiran tetap waras dan normal. Sehingga dapat menghindari stress dan depresi.


Manajemen Keuangan

Manajer keuangan adalah peranan terpenting bagi seorang wanita terlebuh bagi yang sudah berumah tangga dan memiliki anak. Sudah seharusnya mengatur berbagai pembiayaan yang dibutuhkan anggota keluarga. Wanita yang pandai mengatur keuangan biasanya lebih mampu mengendalikan diri dari sifat pemborosan. 


Manajemen Waktu

Setiap orang tentu perlu kemampuan mengatur waktu setiap harinya. manajemen waktu tidak hanya berlaku bagi wanita karir, tapi juga bagi ibu rumah tangga yang sehari-hari berkutat dengan pekerjaan rumah. dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah juga harus memiliki waktu yang efisien. sehingga dapat terselesaikan dengan baik nantinya. jika pekerjaan selesai dengan tepat waktu maka waktu luang untuk bermain dan bersenggama dengan keluarga juga lebih banyak. 


Teknologi

Di era sekarang ini sudah seharusnya kita memiliki pengetahuan dalam hal teknologi. Hal ini berlaku bagi semua generasi. sebab, saat ini kita berada di zaman di mana kita dipaksa untuk menjalankan berbagai kegiatan melalui aplikasi handphone dan computer. Tidak ada lagi yang boleh beralasan tidak bisa, tidak mau ikut-ikutan dan sebagainya. Keahlian dalam bidang teknologi sebenarnya membawa banyak manfaat jika dipelajari dan digunakan secara benar. 


Komunikasi

Sesulit apapun seorang wanita berkomunikasi setidaknya harus mampu berkomunikasi di lingkup keluarganya.  Karena ada beberapa orang yang memang kesulitan dalam berkomunikasi. Hal ini bisa disebabkan karena karakter setiap orang berbeda-beda. Misalnya seorang yang memiliki karakter introvert yang tentu saja jarang melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak. Sehingga tidak mudah bagi orang dengan karakter introvert untuk menjalin komunikasi yang efektif. Namun komunikasi terhadap pasangan dan anak-anak itu sangat penting, jadi kemampuan komunikasi haruslah dilatih dan dikuasai sekalipun itu sulit. Karena untuk membangun keluarga yang harmonis dibutuhkan komunikasi yang efektif dan fleksibel. Komunikasi juga penting bagi seorang ibu yang sejatinya memiliki tugas merawat dan mendidik anaknya sejak dalam kandungan.