Fakta Menarik Sisyphus The Myth: Inspirasi Masa lalu, Masa Kini, dan Masa Depan -->
Cari Berita

Advertisement

Fakta Menarik Sisyphus The Myth: Inspirasi Masa lalu, Masa Kini, dan Masa Depan

Jumat, 12 Maret 2021

Pecinta Drama, siapa sih yang belum kenal Park Shin Hye. Pasalnya drama-drama yang diperankannya seringkali jadi drama Hits dan memiliki rating tinggi seperti You are Beautiful, Phinnochio, The Heirs, dan Memories Of Alhambra. Selain memiliki paras cantik dan menarik, aktingnya pun tak perlu diragukan lagi. Kali ini ia pun mendapat peran yang cukup sulit namun ternyata hal itu justru membuatnya semakin memukau di mata penggemarnya dan penonton drama The Myth.


Dalam drama ini, Park Shin Hye berperan sebagai Seo Hae, seorang gadis dari masa depan yang selamat dari situasi perang yang menghancurkan seluruh Korea Selatan. Di masa depan terdapat sebuah mesin waktu yang disebut pengunggah. Pengunggah ini dapat membawa siapa saja ke masa lalu namun kemungkinan selamat diperjalanan melintasi waktu hanya 10% dan setelah sampai ke tujuan kemungkinan bertahan hidup di dunia sebanyak 5%. Meskipun begitu cukup banyak orang yang selamat melaluinya meski harus terpapar radiasi. 

Seo Hae kembali ke masa lalu bertujuan untuk menyelamatkan bumi dari bencana tepatnya perang nuklir. Sebab perang ini sangat berdampak buruk tidak hanya bagi korea selatan tapi juga negara-negara sekitar. 

Orang yang menciptakan pengunggah itu adalah Han Tae sul  yang merupakan insinyur jenius kala itu. Pengunggah itulah yang menyebabkan terjadinya perang nuklir tersebut. 


sisyphus the myth
image google site


Terinspirasi dari Legenda Sisyphus

Inti drama ini kalau dilihat dari judul sisyphus The Myth adalah sebuah legenda dari Yunani tentang suatu makhluk yang dihukum atas perbuatan buruknya. Makhluk ini disebut sisyphus. Mengutip dari Indo Zone, saat sisyphus menghadapi kematian, ia meminta kepada istrinya untuk membuangnya ke tengah alun-alun kota untuk menguji kecintaan istrinya terhadap sisyphus. Istrinya memenuhi permintaan tersebut, namun tak disangka sisyphus justru marah karena istrinya malah memilih kesetiaan daripada harga dirinya. Sisyphus meminta untuk dikembalikan ke dunia agar dapat memarahi sang istri. Setelah turun ke dunia, dia tidak mau kembali ke dunia bawah (tempat kehidupan setelah mati). Hal itu membuat dewa marah dan memberinya hukuman. Dia dipaksa untuk melakukan hal sia-sia yang berulang-ulang selama-lamanya. Dia harus mengangkat sebuah bongkahan batu ke atas bukit  kemudian setelah tiba dipuncak bongkahan batu itu jatuh terguling ke bawah. Dia turun lagi ke bawah untuk mengambil bongkahan batu itu dan mendorongnya lagi ke atas dengan kedua tangannya dan sesampainya di atas gunung bola itu terguling ke bawah. begitu seterusnya berulang-ulang terjadi. 

Mereka menamakan kelompok penjelajah masa lalu dengan sebutan sisyphus atau dilambangkan dengan Sigma. melakukan upaya masing-masing dalam kehidupan mereka adalah hal yang sia-sia karena menurut mereka kejadian yang sama akan terus terulang. 


sisyphus the myth
image kdramadiary


Plot Twist Tak Terduga

Drama yang menarik biasanya memiliki plot twist yang tak terduga. di drama ini cukup banyak plot twist yang membuat penonton terkejut dan tak menyangka. Misalnya rekan kerja yang merupakan orang paling dipercaya ternyata hanya ingin merebut perusahaan. Dan yang cukup membingungkan adalah kejadian-kejadian yang sepertinya hanya terjadi sekali ternyata pernah terjadi sebelumnya. di sini butuh mikir ya nontonnya. 


Ancaman Bom Nuklir

Ancaman bom nuklir memang benar adanya. Hal ini juga menjadi bagian dari inspirasi terwujudnya drama ini. Kita tahu ancaman bom nuklir Korea Utara yang sempat menggetarkan beberapa negara bahkan Amerika. Di drama ini diceritakan menjelang akhir tahun 2020 Korea Selatan luluh lantak akibat bom nuklir yang diluncurkan, tentunya kejadian ini berhubungan dengan sigma dan pengunggah yang diciptakan Han Tae Sul.


sisyphus the myth
image Netflix


Banyak Aksi menengangkan

Dilihat dari Poster aja udah keren ya. Tentu, namun dramanya lebih keren dan penuh aksi. Park Shin Hye di sini jago banget bela dirinya ditambah adegan tembak menembak pula. 



Setting Yang Mengagumkan

Membahas soal setting terutama tempat, saat ini sudah banyak drama-drama yang menggunakan efek CGI. Walaupun efek CGI, namun sangat tampak seperti nyata. Sudah seperti film-film sekelas hollywood, ya. 


Sisyphus The Myth merupakan drama yang mengambil latar masa depan dengan gedung-gedung tinggi tak berpenghuni serta sisa-sisa kendaraan dan berbagai tempat hiburan yang tak beroperasi lagi. Semua tampak lusuh dengan tanaman menjalar dan lumut di dindingnya. Udara kotor dan berdebu. Tidak ada satupun manusia ataupun hewan yang lewat kecuali Seo Hae dan ayahnya serta petugas yang membawa senjata siap memburu mereka. 

Drama yang juga dibintangi Cho Sung Woo ini tayang setiap Rabu-Kamis malam waktu Korea di channel JTBC dan bisa juga disaksikan di Netflix.