Morning Routine Untuk Lebih Sehat Dan Bahagia Setiap Hari -->
Cari Berita

Advertisement

Morning Routine Untuk Lebih Sehat Dan Bahagia Setiap Hari

Rabu, 25 Agustus 2021

Pagi hari adalah moment yang bisa jadi penuh kesibukan. Bagi pekerja, menyiapkan peralatan untuk pergi bekerja. Bagi ibu rumah tangga tentu menyiapkan peralatan yang akan dipakai beraktifitas anak, meyiapkan sarapan dan bersi-bersih. 

Morning Routine
Photo by Ekaterina Kasimova on Unsplash




Tidur Berkualitas

Satu hal yang paling penting untuk mendapatkan pagi yang menyegarkan dan mendapatkan mood yang baik adalah kualitas tidur yang baik pada malam hari. Utamanya tidur orang dewasa harus selama 8 jam. Namun jika memang terpaksa tidur kurang dari itu, usahakan tidur tanpa terganggu. teknik ini dinamakan Deep sleep. Lebih baik tidur sebentar tapi nyenyak dari pada jam tidur yang lama tapi sering terbangun dan terganggu dengan suara atau aktivitas disekitar. 


Bangun Subuh

Bangun subuh itu lebih menyegarkan dan menyehatkan dibanding bangun di atas pukul 5. Pada jam 4 hingga 5.30 kualitas udara sangat baik apalagi jika tinggal jauh dari kota.Selain itu, bangun subuh juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan konsentrasi otak. 


Ibadah Dan Doa
Apapun agamamu, ibadah dan doa adalah hal wajib. Dalam Islam diwajibkan salat subuh, selesai salat disunnahkan berzikir lalu berdoa dan membaca al-Qur'an. Rasakan sendiri khasiatnya.


Menggerakan Tubuh

Sedikit gerakan senam atau sekedar berjalan keluar rumah 15-30 menit atau bahkan gerakan menyapu, mengepel dan membersihkan rumah sudah cukup membuat tubuhmu lebih ringan. 


Minum Air Putih

Kita tentu sudah sering mendengar bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan. Setelah bangun tidur sangat baik menenggak air putih dingin maupun hangat. 


Mandi Pagi 

Mandi pagi sangat banyak khasiatnya apalagi jika mandi sebelum 4.30. Mandi subuh maupun pagi mungkin terasa berat, karena udara yang masih dingin apalagi di daerah-daerah tertentu. Tapi, jika manfaatnya banyak tidak ada salahnya, kan? 


Sarapan Pagi

Sarapan juga jangan sampai terlewati karena banyak manfaatnya. Terkecuali jika sedang menjalani metode diet intermittent fasting. Sarapan pagi bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan menyuplai energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas. 


Makan Bersama Keluarga

Pagi hari bisa jadi moment quality time bersama keluarga loh, makan bersama sambil menceritakan aktifitas yang akan dilakukan juga bisa bikin bahagia. 


Itulah beberapa aktifitas yang biasa dilakukan dipagi hari atau mourning routine yang memiliki banyak manfaat. Intinya bisa jadi lebih sehat dan bahagia. Coba yuk!