7 Hal Penting Yang Harus diajarkan Pada Anak Usia 8 Tahun -->
Cari Berita

Advertisement

7 Hal Penting Yang Harus diajarkan Pada Anak Usia 8 Tahun

Kamis, 24 Juni 2021

Photo by Gustavo Fring from Pexels


Usia delapan tahun merupakan akhir dari label kanak-kanak. Pada usia ini anak sudah mulai mengenal banyak hal disekitarnya. Dia juga sudah bisa belajar dari lingkungan yang akrab dengannya. Tidak menutup kemungkinan berbagai hal yang dilihat atau ditemuinya akan mempengaruhi pikiran dan kebiasaannya. Akan ada banyak hal yang menjadi pertanyaan yang jika dijawab belum tentu bisa dipahami untuk anak seusianya. Otaknya dominan dan kepribadiannya mulai terbentuk


Rajin Ibadah 

Menginjak usia delapan tahun, perkembangan otak anak sudah matang. Pada periode ini anak sudah mampu memahami kewajiban dan tugas yang harus dilakukannya. Meskipun beribadah wajib dilakukan jika usia anak sudah baligh, tetapi untuk membiasakannya orang tua harus sudah mewajibkan anak beribadah sebagaimana yang diwajibkan dalam agama. Orang tua juga dapat memberikan pemahaman apa manfaat dan tujuan dari ibadah tersebut. 


Belajar Mandiri

Beberapa waktu viral sebuah artikel tentang seorang artis, model dan penyanyi yang sukses dikarir dan sukses juga di pendidikannya. Maudy Ayunda. Saat ini dia baru saja menyeleseaikan program S2 nya di Stanford University dengan nilai cumlaude. Terungkap dari wawancara ibu dari sang artis bagaimana pendidikan karakter yang diterapkannya kepada sang anak di rumah. salah satunya Dia menjelaskan bahwa meskipun di rumah ada asisten rumah tangga, dia tidak pernah membiarkan maudy menyuruh ART untuk membantunya melakukan aktifitas yang seharusnya bisa dilakukan sendiri. Menurutnya dengan begitu anak dapat terbiasa mandiri dan tidak mengandalkan orang lain selagi bisa dan mampu untuk dilakukan sendiri. 

Jadi, cara mendisiplinkan anak sejak dini adalah salah satunya dengan cara melatih kemandirian, seperti menyimpan piring setelah makan, membuang sampah cemilan, membereskan mainan, menyimpan barang-barang pribadi dengan baik dan sebagainya. 

Bertanggung Jawab
Sikap bertanggung jawab tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tapi juga bagi anak-anak. Pada usia 8 tahun, anak perlu berlatih bertanggung jawab agar kelak ketika dewasa bisa menjadi kebiasaan yang baik.


Berterima Kasih dan Bersyukur
Sejak sudah pandai berbicara anak sudah bisa mengikuti kata-kata orang tua seperti terima kasih. Nah, pada usia 8 tahun, anak seharusnya sudah mengerti untuk apa berterima kasih dan kapan harus mengucapkannya. Orang tua bisa memberi pemahaman bahwa terima kasih merupakan tanda syukur atas apa yang diterima baik berupa barang maupun jasa orang lain. 


Meminta Maaf Saat Berbuat Salah
Pada usia 8 tahun emosi rasa malu dan bersalah sudah mulai berkembang. karena itu pada saat ini merupakan saat yang tepat untuk mengajarkan anak untuk selalu meminta maaf saat berbuat salah sekecil apapun. baik itu kepada orang tua, teman atau adik. 


bertutur kata yang baik

Pada usia delapan tahun anak sedang belajar banyak melakukan interaksi dan meniru lingkungan sekitarnya. Pada usia ini, otak anak akan merekam apa yang mereka dengar dan lihat kemudian pada saat tertentu mereka akan mengungkapkan apa yang terekam dalam otaknya. Misalnya jargon populer, tarian dan nyanyian, ejekan, bahkan kata kata kotor dan memaki. Sebagai orang tua sangat disarankan untuk memberi penjelasan apa-apa saja hal-hal yang boleh diikuti dan apa-apa saja yang tidak boleh ditiru serta bagaimana harus menyikapi lingkungan yang memberi pengaruh buruk. 


Tidak Mudah Percaya dengan Orang Asing

Saat ini banyak sekali terjadi pelecehan terhadap anak di bawah umur yang sangat mengancam kehidupan mereka. Untuk itu, anak perlu diajarkan bagaimana bersikap terhadap orang asing yang mencurigakan. terutama jika karakter anak tergolong ekstrovert dan mudah bergaul dengan orang baru.
 

Itulah beberapa hal penting yang harus diajarkan kepada anak usia delapan tahun. Hal-hal kecil seperti ini terkadang bisa terlupakan karena anak-anak tidak wajib melakukannya. Namun jika disadari sangat penting untuk melatih anak sikap dan kebiasaan yang baik sejak dini.