Apa itu Self Care? Seberapa Penting Manfaatnya Untuk Anda? Berikut Penjelasannya! -->
Cari Berita

Advertisement

Apa itu Self Care? Seberapa Penting Manfaatnya Untuk Anda? Berikut Penjelasannya!

Selasa, 08 Juni 2021

 

apa itu self care
self care



Pernahkah kamu merasa bahwa hidup gini-gini aja? Atau kamu insecure apa yang dikatakan orang lain terhadap bentuk tubuhmu? Akibatnya karena hal-hal tersebut terkadang membuat Anda merasa cemas dan khawatir berlebih. Ya tentu dengan hal ini perawatan diri ( Self Care ) sangat penting untuk diterapkan guna merawat tubuh, pikiran, dan jiwa setiap harinya agar terhindar dari gangguan kesehatan mental.

 

 

 

Apa itu Self Care?

 

 

Self Care adalah suatu tindakan untuk meluangkan waktu merawat diri, menenangkan pikiran, menerima dan mencintai apa yang dimiliki dalam diri yang tidak hanya dilakukan saat sakit tetapi dilakukan setiap hari.

 

Sedangkan menurut WHO dalam mendefinisikan Self Care ( Perawatan Diri ) sebagai " Kemampuan individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit dan kecacatan dengan atau tanpa dukungan dari penyedia layanan kesehatan ".

 

 

 

Self Care juga bukanlah suatu perawatan diri yang selalu dilakukan dengan menggunakan uang tetapi bisa dimulai dari diri sendiri dengan meluangkan waktu berupa Me-Time. Ketika Anda meluangkan waktu untuk Me-Time pastinya Anda melakukan aktivitas yang disesuaikan melalui hobi atau kesenangan, misalnya ; mendengar musik atau bermain games.

 

 

Bagaimana penerapan Self Care dalam kehidupan sehari-hari?

 

 

 

Self Care sangat penting untuk diterapkan dimasa pandemi ini karena akibat covid-19 semua kegiatan masyarakat dilakukan di dalam rumah. Tentu dengan hal ini dikhawatirkan jika tidak mampu menangani diri sendiri dengan baik tanpa perawatan diri ( Self Care ), tubuh maupun pikiran bisa saja terganggu karena menjalani rutinitas yang membosankan.

 

 

Penerapan Self Care yang bisa Anda lakukan dimulai dari empat jenis Self Care yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain ;

 

 

1. Physical Self Care

 

 

Jenis perawatan diri ini bisa langsung Anda terapkan untuk merawat fisik seperti ; mandi, waktu istirahat yang cukup, memakan makanan sehat serta olahraga teratur.

 

 

 

2. Emotional Self Care

 

 

Melakukan perawatan diri dalam segi emosi mampu meningkatkan literasi emosional agar mampu mengelola kadar stres secara efektif guna mengalihkan diri dari gangguan kesehatan mental.

 

 

Penerapan self care pada emosional dengan ; membaca buku, menonton drama favorit, mendengarkan musik ataupun menata ruangan agar terlihat lebih indah.

 

 

3. Social Self Care

 

 

Bentuk penerapan social self care bagi diri sendiri sangat bermanfaat guna membangun jiwa sosial terhadap sekitar agar memiliki rasa peduli, kasih sayang dan empati.

 

 

 

4. Spiritual Self Care

 

 

Jiwa yang sehat diimbangi dengan iman yang kuat begitulah yang seharusnya dilakukan dalam penerapan self care untuk membuat Anda lebih bisa menerima kekurangan diri, menerima setiap cobaan karena semua berasal dari tuhan yang semata-mata menyayangi kita sebagai umatnya agar dapat terus mengingatnya.

 

 

 

Apa Manfaat Self Care? Lalu seberapa pentingnya untuk anda ?

 

 

Manfaat self care dapat membentuk pribadi yang kuat dengan pikiran dan jiwa yang baik. Semua itu tercipta dari seberapa besar Anda memiliki niatan untuk merawat diri sebaik mungkin. Penelitian di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa Self Care dapat mempromosikan hasil kesehatan yang positif, seperti mendorong ketahanan daya tahan tubuh, hidup lebih lama, dan menjadi lebih siap untuk mengelola stres.

 

Selain itu rutin menerapkan self care sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga suasana hati dan pikiran agar tubuh lebih rileks dan mampu menyelaraskan diri sehingga mencapai kualitas hidup yang lebih baik.