3 Keuntungan Memakai Masker Selain Perlindungan Virus dan Bakteri -->
Cari Berita

Advertisement

3 Keuntungan Memakai Masker Selain Perlindungan Virus dan Bakteri

Selasa, 27 Juli 2021

keuntungan memakai masker
Photo by Noah on Unsplash


Saat ini masker adalah kebutuhan wajib bagi setiap orang. Tanpa masker, kita tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah. Fungsi utama masker adalah mencegah penularan bakteri maupun virus berbahaya. 


Namun tidak hanya itu, masker nyatanya memiliki banyak fungsi utama. Mulai dari melindungi pernapasan dari debu, bau tidak sedap, hingga sengatan matahari. Nah, berikut ini akan dipaparkan secara rinci keuntungan memakai masker selain melindungi kita dari bakteri dan virus.


Melindungi Wajah Sengatan Sinar Matahari

Sebelum Corona, aku menggunakan masker saat beraktifitas berlama-lama di bawah matahari, atau saat mengendarai motor disiang hari, apalagi kalau malas pakai sunscreen (jangan dicontoh ya, ini!).  Jadi. memakai masker dengan tujuan sebagai pengganti sunscreen itu salah ya teman-teman. Masker bisa mengurangi sensasi panas dari matahari ke wajah tapi tidak melindungi efek buruk sinar UV nya. Intinya tetap pakai sunscreen, ya!


Melindungi Kulit Wajah dari Polusi

Polusi udara juga memiliki efek negatif pada kulit dan pernapasan. Dr. Joshua Zeichner, seorang dokter kulit di Rumah Sakit Mount Sinai mengatakan polusi yang mempengaruhi kulit adalah kombinasi dari kabut asap dan debu yang berasal dari segala hal mulai dari knalpot mobil, peleburan logam asap rokok, hingga gas industri. Elemen-elemen ini melepaskan bahan kimia berbahaya ke lingkungan seperti karbon dioksida, PAH, belerang, dan dioksida yang kemudian berpengaruh negatif pada kulit.


Melindungi Pernapasan

Pernapasan adalah salah satu organ penting yang dimiliki tubuh terdiri dari mulut, hidung, sinus, tenggorokan, trakea, paru-paru, bronkiolus sampai laring. Jika salah satu dari bagian-bagian tersebut terganggu, sistem pernapasan juga tidak berjalan baik. Karena itu mencegah terganggunya sistem pernapasan adalah pilihan tepat agar tubuh tetap sehat.  

Fungsi masker tidak hanya melindungi saluran pernapasan dari virus tapi juga dari polutan. Polusi udara berpotensi mengganggu salah satu organ pernapasan. Masker jenis KN94 dan KN95 dapat melindungi organ pernapasan sebanyak 95 %.