7 Daftar Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin D, Baik Dikonsumsi Semua Usia -->
Cari Berita

Advertisement

7 Daftar Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin D, Baik Dikonsumsi Semua Usia

Jumat, 23 Juli 2021

Makanan yang mengandung vitamin d


Di masa pandemi seperti sekarang ini kita memerlukan banyak vitamin. Dalam beberapa penelitian mengungkapkan vitamin D dapat mengurangi resiko terjangkit virus Covid-19. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D juga sangat penting guna memperkuat daya tahan tubuh dalam menangkal serangan bakteri dan virus berbahaya seperti Covid-19. 


Komite Ahli Of Medicine (AOM) menetapkan Kebutuhan akan Vitamin D berdasarkan batas tingkat aman tertinggi mulai usia 1 tahun sampai 70 tahun mencukupi 600 IU per hari. Jumlah tersebut didapat dengan asumsi seseorang yang hampir tidak mendapat Vitamin D dari matahari.


Vitamin D pada dasarnya bisa diproduksi oleh tubuh melalui kulit dengan mendapatkan energi matahari yang cukup. Energi matahari mengubah bahan kimia yang ada pada kulit menjadi vitamin D3, kemudian dibawa menuju ke hati dan ginjal untuk mengubahnya menjadi vitamin D aktif.


Mendapatkan vitamin D dari matahari memang sangat dianjurkan namun jika berlebihan juga sangat berbahaya. Jika berjemur terlalu lama, tubuh bisa terpapar radiasi UV.  Akibatnya, kulit terbakar dan dapat meningkatkan resiko kanker. Karena itu, mendapatkan vitamin D tidak hanya dengan berjemur jika takut akan resikonya. Vitamin D juga bisa didapat dari beberapa jenis makanan. Berikut ini dirangkum tujuh makanan yang banyak mengandung Vitamin D.


Ikan Salmon

Ikan Salmon menduduki peringkat pertama makanan yang banyak mengandung Vitamin D. Diketahui ikan Salmon liar mengandung Vitamin D 988 IU Per penyajian 100 gram. Jenis ikan ini sangat baik untuk dikonsumsi mulai dari bayi di atas 6 bulan hingga dewasa. 


Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati Ikan Kod diketahui memang banyak mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Minyak hati ikan Kod banyak mengandung vitamin A dan D. Tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya yang biasanya dikemas dalam bentuk kapsul. Khusus untuk anak-anak biasanya diolah dalam bentuk sirup dengan rasa jeruk atau strawberry. 


Kuning Telur

Salah satu sumber Vitamin D adalah kuning telur. Dalam satu kuning telur dapat memenuhi 5% kebutuhan Vitamin D perhari. Kandungan Vitamin D dalam kuning telur dipengaruhi paparan sinar matahari yang didapatnya pada sebelum diolah dan dikonsumsi.


Jamur

Makan jamur menjadi pilihan tepat jika kamu tidak suka ikan atau telur atau kamu seorang vegetarian. Sama halnya dengan kuning telur kandungan vitamin D dalam jamur juga tergantung pada sebanyak apa paparan sinar matahari yang didapatkannya. 


Susu Sapi

Susu sapi yang diproduksi dapat diperkaya dengan Vitamin D. Karena itu, anak-anak hingga orang dewasa disarankan minum susu minimal satu gelas setiap harinya. 


Yoghurt

Sama halnya dengan susu, yoghurt juga bisa menjadi sumber Vitamin D. Kita tahu bahwa yoghurt sangat baik untuk kesehatan terutama mencegah penyakit yang dapat menyerang saluran pencernaan dan memperkuat sistem imun. 


Tahu Tempe

Tahu dan Tempe merupakan produk olahan kedelai. Jenis makanan ini cukup banyak mengandung Vitamin D. Tahu dan tempe cukup mudah ditemukan di Indonesia, harganya juga tidak terlalu mahal. Makanan fermentasi ini dapat memenuhi 26 % kebutuhan vitamin D harian jika dikonsumsi sebanyak 100 gram. 


Selain dari makanan vitamin D juga bisa didapat dari suplemen. Namun mengonsumsi suplemen juga ada batasan tertentu. Sangat penting untuk bijak dalam memilih apa metode yang terbaik bagi tubuh kita. Ada baiknya cek atau konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli agar tidak salah dalam memilih makanan atau produk yang akan dikonsumsi.