Atasi Rambut Rontok Dengan Creambath Sendiri Di Rumah -->
Cari Berita

Advertisement

Atasi Rambut Rontok Dengan Creambath Sendiri Di Rumah

Senin, 16 Agustus 2021

rambut rontok
cr: pinterest


Rambut rontok bikin resah? Tenang, belum tentu berbahaya, kok. Bisa jadi karena perubahan hormon, stress atau kekurangan vitamin. Maklum saja, Kehidupan seorang wanita utamanya jika sudah menjadi ibu yang penuh rutinitas, bisa jadi pemicu ketidakseimbangan hormon dan stress. Apalagi jika semua harus dikerjakan sendiri. Boro-boro ke salon, bisa keramas saja sudah bahagia. Meskipun cuma keramas di rumah tapi tetap pilih sampo yang berkualitas, dong!


Masalah rambut rontok cukup sering dialami wanita, apalagi bagi yang memiliki rambut panjang. Rambut rontok sebenarnya hal yang alami sebab rambut mengalami pertumbuhan. Sebanyak 10% rambut akan rontok dan normalnya akan tumbuh kembali. Rambut pada manusia mengalami 3 siklus yang telah dipaparkan oleh Dr. Sharon Wong dalam situs Cosmopolitan. Fase pertama disebut anagen, yaitu tahap rambut tumbuh aktif selama 2-7 tahun terus memanjang dan tebal. Fase kedua disebut catagen, pada fase ini rambut akan berhenti tumbuh. Fase yang ketiga disebut telogen, fase inilah rambut mengalami rontok alami untuk memberi peluang rambut baru yang akan tumbuh. siklus ini akan terus dialami manusia hingga meninggal. 


Penyebab Rambut Rontok 


Hormon Tidak Seimbang


Menurut Anabele, seorang konsultan trichologist, hormon yang tidak seimbang bisa berefek ke seluruh tubuh termasuk rambut. Ketidakseimbangan hormon bisa terjadi karena pengaruh genetik dan bisa terjadi pada wanita hamil dan pasca melahirkan. 


Stress


Stress yang berlarut-larut bisa menyebabkan rambut rontok. Stress yang dapat memicu rambut rontok seperti stress emosional misalnya masalah keuangan, pekerjaan dan hubungan dengan pasangan, stress fisik seperti kelelahan dan setelah melahirkan. 


Anemia


Anemia adalah kondisi ketika tubuh tidak memiliki zat besi yang cukup atau tubuh tidak dapat memfungsikan zat besi dengan baik. Zat besi berfungsi membantu pertumbuhan sel termasuk sel-sel yang merangsang pertumbuhan rambut. 


Penyakit Tiroid


Tiroid adalah kelenjar yang terdapat di leher manusia, Ada beberapa jenis penyakit tiroid seperti Hipotiroid, hipertiroid, nodul tiroid, kangker tiroid, gondok. Masing-masing memiliki penyebab dan gejala yang berbeda. Salah satunya hipertiroid yang dapat menyebabkan rambut rontok parah.


Cara Mengatasi Rambut Rontok


Jika kerontokan yang dialami sudah mengganggu aktifitas, bisa jadi harus segera di antisipasi. Tapi jangan terlalu panik, karena banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. 


Hindari Menggunakan Pengering Rambut Terlalu Sering


Beberapa orang umumnya wanita sering menggunakan pengering rambut atau hair dryer setelah kramas rambut lebih cepat mengering. Tapi menggunakan pengering rambut bisa menyebabkan rambut rusak dan rontok. Sesekali keringkan rambut dengan handuk dan diangin-anginkan. Selain itu, disarankan untuk jika diharuskan menggunakan hair dryer karena sibuk atau alasan lain bisa dibarengi dengan perawatan rambut berkala dan memberikan vitamin agar rambut tetap sehat. 


Hindari Kuantitas Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut apalagi dengan kuantitas yang cukup tinggi seperti sering bergonti-ganti warna, dapat mengganggu kesehatan rambut. Kandungan kimia dalam bahan pewarna rambut bisa menyebabkan rambut rontok. 


Makan Tinggi Zat Besi Dan Protein

Makanan mengandung zat besi dan protein tinggi dapat membantu pertumbuhan rambut dan memperbaiki kerusakan folikel rambut. 


Perawatan Rambut Ekstra


Salah satu perawatan rambut ekstra yang mudah dilakukan di rumah adalah creambath. Creambath tidak harus pergi ke salon, bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Asal tahu jenis masalah rambut dan produk yang akan digunakan. 


Caranya pun mudah, pertama-tama kramas rambut seperti biasa menggunakan sampo untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di rambut. Setelah itu, keringkan sebentar dengan handuk tapi jangan terlalu kering. Selanjutnya pisahkan rambut menjadi beberapa bagian agar mudah mengaplikasikan krim. Lalu gunakan krim creambath dengan cara mengoleskan krim ke seluruh kulit kepala dan rambut sambil dipijat dengan lembut dan perlahan. Proses ini bisa dilakukan selama 20 hingga 30 menit. Proses selanjutnya bungkus rambut dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Terakhir, bilas rambut dengan air biasa atau air dingin dan biarkan rambut mengering alami. 


Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan sampo yang dapat mengatasi rambut rontok seperti Tresemme Hair Fall Control yang merupakan produk perawatan rambut ala profesional.