Tanaman Keladi: Manfaatnya Bagi Tubuh Dan Cara Memasak Sayur Keladi Khas Pontianak -->
Cari Berita

Advertisement

Tanaman Keladi: Manfaatnya Bagi Tubuh Dan Cara Memasak Sayur Keladi Khas Pontianak

Sabtu, 30 Oktober 2021

pixabay


Beberapa waktu belakangan tanaman jenis caladium menjadi populer karena memiki berbagai jenis dan rupa sehingga dapat dijadikan tanaman hias. Padahal sejak dulu tanaman ini termasuk tanaman liar yang sangat mudah dijumpai di ladang atau di kebun. 


Sebelumnya tanaman ini hanyalah tanaman liar bahkan untuk jenis tertentu bisa menyebabkan gatal pada kulit yang tersentuh. Tidak hanya itu, ada juga jenis caladium yang mengeluarkan racun bahkan jika tidak disentuh. 


Tapi jika berhati-hati memilih jenisnya dan mengetahui cara merawat tanaman keladi, hal itu bisa dihindari bahkan tanaman keladi bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh manusia. 


Manfaat sayur keladi untuk kesehatan


Tanaman keladi di pontianak dan kubu raya kalimantan barat selain dikenal sebagai tanaman hias, juga di jadikan makanan pendamping nasi. 

Makan sayur keladi diketahui bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Namun harus hati-hati dengan penderita tekanan darah rendah jika ingin memakan sayur keladi yang nikmat khas pontianak. 

Selain meningkatkan tekanan darah, makan sayur keladi juga memiliki banyak manfaat lain, berikut ulasannya.


Antioksidan 

Keladi atau talas bisa bermanfaat bagi tubuh ketika dikonsumsi salah satunya bisa menjadi sumber antioksidan. Daun talas mengandung vitamin c dan polifenol dapat menangkal efek radikal bebas yang bisa memicu penyakit jantung, autoimun dan  kanker. 


Meningkatkan imun

Vitamin C yang terkandung dalam daun keladi bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal dapat menangkal gangguan penyakit pada tubuh dan mencegah masuknya zat berbahaya. 


Membantu menjaga kesehatan jantung

Kandungan nitrat di dalam daun talas yaitu zat yang membantu mengontrol tekanan darah dapat membantu memelihara kesehatan jantung bila dikonsumsi dengan benar. 


Mengontrol tekanan darah tetap stabil

Daun keladi dikenal dapat membantu penderita hipertensi menjaga tekanan darah tetap stabil. Kalium yang terdapat di dalamnya merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk mengontrol tekanan darah. 


Pelengkap gizi seimbang untuk diet

Daun keladi diketahui memiliki kalori yang rendah dan tinggi serat sehingga cocok dikonsumsi saat diet untuk gizi seimbang. 


Mencukupi kebutuhan zinc

Daun keladi mengandung zinc yang berfungsi mencegah kerontokan rambut, mempercepat penyembuhan luka, hingga mencegah impotensi.


Menyehatkan kulit

Selain mengandung vitamin C, daun keladi juga mengandung Vitamin E dan Vitamin A yang dapat memperbaiki sel kulit yang rusak, mencerahkan kulit dan mempercepat penyembuhan luka. 


Cara Memasak Daun Keladi Agar Bisa dikonsumsi



Keladi yang dikonsumsi pada umumnya mudah ditemukan di kebun atau di ladang. Tapi saat ini sudah banyak di jual di pasar-pasar tradisional daun keladi yang sudah siap di masak. Saya sendiri belum pernah mencoba memasaknya karena menurut saya cukup rumit untuk menghasilkan rasa yang khas. (bilang aja nggak bisa masak, hehe). 

Berikut saya tuliskan resep sulur keladi khas pontianak yang saya dapat dari tetangga dan beberapa referensi, check it out!


Bahan 

2 tangkai daun keladi beserta umbi

2 lembar daun kunyit

secukupnya daun kesum (optional)

secukupnya daun buas buas (optional)

air asam jawa

10 buah bamer

5 buah baput

6 buah cabe merah keriting atau tergantung selera

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

1 batang serai

secukupnya garam

secukupnya gula

penyedap rasa (optional)


Cara Membuat:

1. Bersihkan batang keladi dan umbi dengan cara dikupas kulitnya dan potong-potong sepanjang jari telunjuk atau sesuai selera. Ada juga yang sudah dikupas tersedia di pasar. 

2. Cuci bersih menggunakan air mengalir

3. Rebus dalam air mendidih hingga empuk. Tiriskan

4. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe dan kunyit yang sudah dihaluskan ke dalam minyak panas. 

4. Masukkan daun kesum, daun buas-buas, dan daun kunyit.

5. Terakhir masukkan garam, gula dan penyedap.

6. Biarkan hingga bumbu meresap sempurna.

7. Siap disajikan bersama nasi putih.


Semoga bermanfaat.

Ada info penting nih untuk kaum wanita yang ingin menambah pengetahuan dna aktifitas bermanfaat. Lebih lengkapnya bisa cek di artikel ini ya Syarat Menuntut Ilmu di Perkuliahan Ibu Profesional Bunda Cekatan

Stay health ya teman-teman!