Manfaatkan Hair Tonik Untuk Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok -->
Cari Berita

Advertisement

Manfaatkan Hair Tonik Untuk Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Jumat, 24 Desember 2021

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk dirawat dan dijaga terutama bagi wanita. Masalah rambut yang paling sering muncul adalah rambut rontok. Rambut rontok selain karena penyakit tertentu biasanya disebabkan pengunaan bahan kimia yang terlalu berlebihan, penggunakaan hair dryer atau alat-alat pemanas lainnya, kekurangan nutrisi, dan stress. 


Umumnya rambut rontok 50 sampai 150 helai perhari masihlah wajar. Tapi kalau sudah berlebihan artinya rambut butuh perawatan tambahan. Misalnya menggunakan sampo khusus dan ditambah hair tonik. 

sc pinterest


Hair tonik untuk apa? Hair tonik umumnya bermanfaat untuk menambah nutrisi pada rambut dan akarnya. Dengan menggunakan hair tonik dapat menguatkan akar rambut dan mengurangi kerontokan rambut. 


Sebelum memutuskan menggunakan hair tonik ada baiknya cari tahu dulu produk yang sesuai untuk kebutuhan rambutmu seperti kandungan pada produk, keamanan dan keunggulan produk hair tonik. 


Apa Itu Hair Tonik?

Hair tonik adalah cairan bervitamin yang dapat menutrisi rambut untuk mencegah kerusakan dan kerontokan pada rambut. Hair tonik sendiri merupakan gabungan alkohol, minyak dan parfum. Hair Tonik sebenarnya sudah lama digunakan sebagai produk perawatan rambut, hanya saja belum banyak orang yang mau meluangkan waktu untuk menggunakan hair tonik secara teratur. Hair tonik biasanya digunakan sebagai perawatan tambahan dan lebih banyak digunakan di tempat perawatan umum atau di salon rambut. 


Meski bahan utamanya selalu sama, hair tonik juga ditambahkan dengan bahan-bahan pilihan yang berbeda misalnya ginseng, lidah buaya, kemiri dan bahan herbal lainnya. Tentunya bahan-bahan yang ditambahkan sangat baik untuk menutrisi rambut. Sebagai konsumen harus tetap bijak dalam memilih produk sesuai dengan kondisi rambut yang dimiliki. 


Alasan Rambut Butuh Hair Tonik

Rambut yang sehat dan berkilau merupakan impian setiap orang terutama wanita. Karena itu perawatan ekstra diperlukan agar rambut tidak mudah rontok, tebal dan tidak rusak. Dengan mengunakan perawatan ekstra seperti hair tonik rambut akan menjadi lebih sehat dan terawat. Selain itu, hair tonik membantu rambut lebih subur, cepat panjang, lembab dan bersih. 




Cara Menggunakan Hair Tonik

Pada dasarnya cara menggunakan hair tonik cukup mudah, walaupun beberapa orang sering melewatkan perawatan rambut satu ini karena merasa kesulitan sehingga harus melakukan perawatan di salon dengan bantuan orang lain. Tapi sebenarnya bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah yang bisa digunakan menggunakan hair tonik yang bisa dilakukan sendiri. 

Pertama-tama Pastikan rambut sudah dicuci dengan sampo. Kocok kemasan hair tonik terlebih dahulu untuk menyatukan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dan tidak ada yang mengendap. Oleskan dibagian kulit kepala secara merata. Selanjutnya pijat kepala dengan lembut sekitar 5 menit agar pori-pori kulit kepala terbuka dan dapat menyerap nutrisi dari hair tonik secara optimal. Biarkan sampai meresap tanpa perlu dibilas lagi.


Tips Penting Dalam Menggunakan Hair Tonik

Sebaiknya Gunakan hair tonik saat rambut masih basah karena Saat rambut basah permukaan kulit kepala lebih lembut dari pada saat kering. Pada saat inilah kulit kepala lebih mudah menyerap hair tonik. Tapi ada juga loh yang menyarankan agar hair tonik digunakan saat rambut kering. Jadi gimana dong solusinya? Menurut saya, tergantung kebijakan si pemakai. Bisa saja dengan cara bereksperimen sendiri mana cara yang lebih optimal untuk digunakan secara pribadi. Namun, jika tidak yakin ada baiknya konsultasikan dengan pakar kesehatan.


Selain itu, untuk hasil terbaik gunakan hair tonik secara teratur tiga kali seminggu. Jika rambut sudah mulai menunjukkan perubahan atau semakin membaik, cukup gunakan hair tonik seminggu sekali saja.