Sampah Anorganik Jangan Dibuang, Manfaatkan Dengan Cara Ini!
-->
Cari Berita

Advertisement

Sampah Anorganik Jangan Dibuang, Manfaatkan Dengan Cara Ini!

Seperti yang kita ketahui sampah adalah benda yang sudah tidak terpakai dan akan dibuang. Kita tahu ada dua jenis sampah yaitu organik dan anorganik. Keduanya jika diolah dengan benar bisa menjadi benda yang bermanfaat. Kali ini saya akan bahas beberapa point utama tentang sampah anorganik supaya dapat digunakan kembali sehingga tidak perlu buru-buru dibuang, yuk simak paparannya berikut ini!

sampah anorganik
image by freepik



Sampah Anorganik

Apa yang dimaksud sampah anorganik? Sampah anorganik adalah sampah yang sulit terurai bahkan sampai tidak bisa terurai sama sekali. Salah satu contoh yang paling sering dijumpai adalah sampah plastik, kaleng, dan detergen. Dilansir dari National Geographic ada sebanyak 3,5 juta ton sampah plastik dan limbah padat yang dihasilkan setiap harinya. Dimanakah sampah tersebut dibuang? Jika semuanya dibuang tentu bumi kita akan menjadi lebih padat dan tercemar. 


Sampah anorganik tentu tidak aman bagi segala macam ekosistem. Pencemaran sampah anorganik akan merusak sistem kehidupan dibumi. Daratan dan lautan akan menjadi kotor dan menjadi sarang penyakit. Limbah anorganik yang berbentuk cairan bisa merusak saluran air sehingga dapat mencemari sumber air yang ada. 


Saat ini sudah bisa kita lihat dari berbagai informasi tentang hewan laut yang mati karena terkontaminasi zat kimia pada sampah dan ada juga pinggir pantai yang menjadi tumpukan sampah yang entah berasal dari mana. Tidak bisa dipungkiri hal itu adalah perbuatan manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab. 


Selain pencemaran ekosistem, sampah anorganik juga mengganggu keindahan alam. Sehingga wisatawan enggan untuk berkunjung ke tempat tersebut.


Kita sebagai generasi milenial yang sering juga disebut "smart people" tentu harus lebih cepat menyadari dan menanggapi hal itu. Dengan cara pintar-pintar mencari ide untuk memanfaatkan sampah anorganik menjadi lebih berguna.


Cara Memanfaatkan Sampah Anorganik

Ada banyak cara memanfaatkan sampah anorganik menjadi lebih berguna agar lingkungan lebih bersih dan kehidupan 'layak' tetap terjaga. Sampah sebenarnya juga bisa bermanfaat jika diolah dengan benar.


Mengurangi Penggunaan

Kemasan plastik memang kurang sehat jika digunakan untuk makanan. Karena itu, jika tidak terdesak bawa minuman dan makanan sendiri jadi tidak perlu beli minuman atau makan diluar yang dibungkus plastik. Disarankan menggunakan tas belanja berbahan kain atau kertas yang dibawa dari rumah saat pergi berbelanja. Sayangnya menurut data Survey Indeks Perilaku Ketidakpedulian Lingkungan Hidup (SIPKLH) baru sekitar 18,6 % rumah tangga yang mau membawa tas belanja dari rumah. 


Menggunakan Kembali

Kalaupun harus membeli, sebisa mungkin kemasan yang masih bisa dipakai jangan dibuang, bisa disimpan untuk menyimpan benda-benda atau dibuat kerajinan tangan. Botol plastik, kemasan detergen dan kaleng juga bisa digunakan sebagai pot bunga. 


Daur Ulang

Membuang sampah pada tempatnya dengan memilah sampah anorganik dan organik adalah salah satu cara agar sampah bisa didaur ulang. Sampah anorganik memiliki keistimewaan yaitu bisa didaur ulang karena memiliki bahan yang elastis atau tidak mudah hancur misalnya botol plastik mineral, kemasan sabun, dan kemasan detergen . Selain itu, plastik juga banyak digunakan untuk produk rumah tangga. 


Bank Sampah

Saat ini sudah ada beberapa tempat yang menyediakan bank sampah. Jadi sampah yang akan kita buang atau sudah tidak dipakai, disortir lalu dibersihkan kemudian disetor ke bank sampah. Sampah tersebut akan dihitung dan diberi harga sesuai kondisinya.


Bank sampah sangat berperan dalam mengurangi sampah anorganik dilingkungan kita. Selain itu, bank sampah bisa memberi keuntungan baik untuk pemilik bank maupun nasabah (pengumpul sampah). Dengan adanya bank sampah ini dapat memberikan dampak positif seperti menimbulkan rasa peduli yang tinggi terhadap lingkungan.


Yuk selalu jaga lingkungan kita tetap bersih dengan mengolah sampah anorganik dengan benar. Stay health.