Sinopsis dan Review Drama China Reset, Menjadi Bijak Butuh Proses Berulang
-->
Cari Berita

Advertisement

Sinopsis dan Review Drama China Reset, Menjadi Bijak Butuh Proses Berulang

Akhirnya nonton drama China lagi setelah beberapa bulan nggak pernah nonton. Sebenarnya udah sebulan yang lalu nulis artikel ini, tapi mengendap di draft.


Drama China memang banyak banget dan episodenya bisa puluhan. Tapi Kadang aku kurang suka kalau nonton drama yang terlalu panjang, karena bisa jadi banyak hal random dan kurang fokus ke cerita inti. Seringnya aku pilih drama China yang episodenya 24. Paling banyak 30an, itupun kalau pemerannya orang yang kusuka. hihi



Drama ini bercerita tentang perjalanan waktu di dalam sebuah bus, atau biasa disebut time loop. Sejak episode pertama drama ini berhasil membuatku penasaran. Karena mengandung misteri yang sulit terpecahkan tentang ledakan bus yang menyebabkan banyak korban tewas termasuk Li Shi Qing dan Xiau He Yun. Namun, mereka kembali bangun dalam keadaan baik-baik saja dan bus masih berjalan seperti semula. Pada putaran selanjutnya, Li Shi Qing  menyadari adanya putaran waktu, kemudian dia menyeret Xiau He Yun untuk turun bersamanya dan membuktikan apa yang terjadi. Xiau He Yun awalnya merasa tertipu, tapi pada putaran berikutnya dia akhirnya percaya dengan putaran waktu. 


Dua anak muda tersebut berhasil turun dari bus dengan berbagai cara. Namun, mereka justru menjadi tersangka ledakan karena terbukti ada bom di dalam bus. Mereka jadi tahanan berkali-kali di setiap putaran, hingga akhirnya pada satu putaran mereka kabur dan menjadi buronan. 


Mereka tidak bisa keluar dari lingkaran waktu. Ketika malam hari tiba, dimanapun berada mereka tertidur dan bangun dalam keadaan seperti semula di dalam bus. Akhirnya mereka terus menerus mengalami hal yang sama setiap kali mengalami ledakan dan jika mereka berhasil menghindari ledakan mereka akan tetap kembali ketika tertidur. Mereka pun menyelidiki apa yang menyebabkan ledakan dan berharap dengan menyelesaikan masalah ledakan di bus, loop akan berhenti.


Drama ini menyajikan konsep yang berbeda, walaupun alurnya selalu kembali ke dalam bus tapi selalu ada ide baru yang mereka lakukan mencari petunjuk terjadinya ledakan. Mereka selalu bekerja sama sampai akhirnya mereka semakin dekat dan peduli satu sama lain. 


Fakta Menarik Drama Reset


Diangkat dari Web Novel


Drama China Reset ini di angkat dari web novel populer karya Ki Dao Jun berjudul 'Kai Duan'. Nggak heran kalau dramanya juga sukses mendapat rating tinggi sejak pertama tayang. 

Walaupun adegannya banyak di dalam bus tapi drama ini asik dan banyak misteri yang terungkap di setiap episode. Seperti kisah-kisah penumpang yang ada di dalam bus tersebut. Tapi, satu nih yang bikin bosan, bajunya nggak ganti-ganti. Ya, wajar sih, kalau ganti-ganti justru aneh, namanya juga terjebak di dalam time loop. 


Episode Pendek


Biasanya drama china episodenya bisa 24 sampai 50. Tapi drama reset ini hanya menyajikan 15 episode penayangan dengan durasi kurang lebih 45 menit. Menurutku, ceritanya jadi lebih fokus dan nggak terlalu bertele-tele. Selain itu, walaupun episodenya lebih sedikit ceritanya juga nggak kalah kompleks dengan drama China lainnya dengan episode lebih panjang. 


Tayang di youtube dan di tonton lebih dari 1 miliyar kali


Yep, bener banget. Drama ini berhasil meraih penayangan lebih dari 1 miliyar. Luar biasa bukan? Drama ini juga drama China pertama yang tayang di youtube, loh. 


Pesan Moral


Berpikir Sebelum Bertindak


Ledakan bus ternyata berasal dari bom. Terbukti ketika di awal polisi menemukan adanya sebuah bom yang dirakit secara profesional. Setelah mengetahui keberadaan bom tersebut, Li Shi Qing dan Xiau He Yun mencoba berbagai cata untuk mencari siapa dalang dan pemilik bom yang membuat mereka mengalami ledakan berkali-kali. Karena mereka sedang berada di dalam loop, jadi setelah bom meledak mereka akan terbangun 20 menit sebelum bom diledakkan. 


Ternyata setelah diusut mereka akhirnya menemukan orang yang membuat dan meledakkan bom di dalam bus tersebut adalah seorang ibu yang ditinggalkan oleh anaknya semata wayang. Dia meledakkan bom di tempat anaknya tewas yaitu di jembatan dan juga diwaktu yang sama. Meski tampak menyedihkan, dia tidak boleh melakukan hal yang dapat merugikan orang banyak seperti itu. 


Menjadi Bijaksana itu Butuh Proses

Menurutku drama ini sangat bagus terlepas dari rating dan jumlah tomtonan yang lumayan besar. Saat menonton ini aku sangat terkesan dengan cara mereka menunjukkan sisi-sisi baru yang tak pernah kita tahu sebelumnya. Li Shi Qing dan Xiao He Yun awalnya selalu melakukan kesalahan besar saat terkena ledakan di bus maupun ketika terlepas dari ledakkan dan terpaksa diinterogasi di kantor polisi. 


Tapi semakin sering mereka mengalami kejadian, mereka semakin mengerti apa yang harus mereka lakukan untuk menghindari ledakan dan keluar dari putaran waktu. Mereka juga semakin cerdas dalam mencari jawaban setiap teka teki ledakan walau harus mengalaminya berulang-ulang. Sama halnya dengan kehidupan kita, gagal bukan berarti kita harus menyerah karena semakin sering kita mengalami kegagalan kita akan semakin paham letak kesalahan yang harus diperbaiki



Pemeran Utama

Bai Jing Ting berperan sebagai Xiau He Yun

Zhao Jin Mai berperan sebagai Li Shi Qing

Huang Jue berperan sebagai Wang Xing De

Liu Yi Jun berperan sebagai Zhang Cheng

Liu Dan berperan sebagai Tao Ying Hong